10 Maskapai Terbaik di Dunia 2018, Garuda Naik Peringkat

Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Lembaga pemeringkat internasional di bidang penerbangan, Skytrax, merilis peringkat maskapai terbaik di dunia 2018. Maskapai penerbangan dari Asia pun mendominasi di 10 peringkat teratas.  

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Dilansir dari Business Insider, Rabu 18 Juli 2018, peringkat ini didasari oleh survei yang dilakukan pada 20,36 juta pelancong di lebih dari 100 negara yang berbeda. 

Survei ini pun melibatkan 335 maskapai penerbangan dan penilaiannya diukur dari 49 parameter. Mulai dari proses boarding hingga kenyamanan dan kualitas layanan maskapai. Berikut ini daftarnya: 

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

1. Singapore Airlines

Maskapai ini naik peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di nomor dua. Layanan menonjol dari maskapai ini adalah pelayanan yang menyenangkan dari pramugarinya. Singapore Airlines juga memiliki bandara terbaik di dunia sebagai markasnya. 

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

2. Qatar Airways

Qatar turun peringkat dari sebelumnya berada di peringkat pertama. Maskapai penerbangan yang berbasis di Doha ini memiliki tempat duduk yang nyaman dan fasilitas hiburan yang baik. 

3. All Nippon Airways

ANA mempertahankan peringkatnya tahun ini. Maskapai ini merupakan yang terbesar di Jepang dan rumah bagi salah satu armada Boeing 787 Dreamliners terbesar di dunia. 

4. Emirates

Selama 30 tahun terakhir, Emirates yang berbasis di Dubai itu berkembang menjadi salah satu maskapai penerbangan jarak jauh terbaik di dunia. Maskapai ini menawarkan armada Airbus A380 superjumbo terbesar dan jet berbadan lebar Boeing 777.

5. Eva Air Taiwan

Didirikan pada 1989, maskapai ini merupakan satu grup bisnis dengan raksasa pengiriman kontainer global Grup Evergreen. Maskapai berbasis di Taipei ini berkembang pesat dan selama dua dekade terakhir telah mengoperasikan armada jet besar Airbus dan Boeing. 

6. Cathay Pacific 

Maskapai berbasis di Hong Kong ini turun satu peringkat dari tahun lalu. Maskapai ini mendapatkan nilai tinggi untuk kenyamanan tempat duduk, dan kualitas layanan serta hiburan yang baik dalam setiap penerbangannya. 

7. Lutfhansa

Maskapai terbesar di Eropa ini dipuji karena layanannya yang baik dan merata di hampir keseluruhan produk serta fasilitas yang diberikan. Maskapai ini juga memiliki kelas bisnis terbaik di Eropa

8. Hainan Airlines

Didirikan pada 1993, Hainan adalah salah satu maskapai China yang memiliki bintang lima dari Skytrax. Dalam empat tahun terakhir maskapai ini naik dari posisi 22 ke 10 besar. 

9. Garuda Indonesia

Garuda naik satu peringkat pada tahun ini dari sebelumnya berada di nomor 10. Maskapai ini dinilai telah melakukan langkah-langkah pembaruan dan peningkatan armada yang ada, sehingga fasilitas yang diberikan meningkat. 

Maskapai ini pun terkenal dengan sajian makanannya yang khas Asia Tenggara. Pramugari Garuda pun terkenal ramah dengan pelayanannya yang baik.

10. Thai Airways

Produk dan pelayanan kelas bisnis serta kelas satu maskapai ini memiliki kualitas yang baik. Meski demikian, saat ini maskapai Thailand itu pun sedang mengembangkan kelas ekonominya untuk merebut pasar di kawasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya