Pemerintah Kesulitan Cari Penyebab B20 Belum Tersalurkan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Pemerintah masih belum menemukan titik terang penyebab belum tersalurkannya minyak sawit atau fatty acid methyl ester (FAME) sebagai bahan campuran untuk bahan bakar solar yang digunakan untuk menghasilkan biodisel 20 persen atau B20.

Erick Thohir Tunjuk Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution usai rapat koordinasi yang kembali dilakukan untuk membahas persoalan kebijakan mandatori perluasan implementasi B20 tersebut mengatakan, pihaknya masih akan kembali melakukan pertemuan untuk membahas hal itu.

"Ya nanti itu kita panggilin supaya datanya semua diserahkan supaya kita bisa evaluasi, Kamis kita rapat nanti di dalam rapat itu kita tetapkan siapa yang kena denda, siapa yang enggak. Dendanya ya tetap seperti dalam PP," tutur Darmin saat ditemui di kantornya, Selasa, 25 September 2018.

Tambah Stimulus Ekonomi, Kadin Dorong Pemerintah Perluas Relaksasi

Meski begitu, Darmin optimistis, kendala tersebut dapat segera dicarikan titik terangnya sehingga sampai dengan minggu depan nantinya implementasi kebijakan tersebut dapat benar-benar bisa direalisasikan.

"Ya sudah berjalan. Ya di awalnya tadinya ada keterlambatan, ada ini, ada itu, tapi sekarang sudah makin berjalan penuh, saya kira dalam waktu satu minggu ke depan itu sudah penuh betul," kata dia.

Jokowi Minta Kementerian dan Lembaga Genjot Belanja Modal

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum Aprobi, Tumanggor membenarkan bahwa kondisi tersebut memang terjadi. Pemerintah dan para pemangku kepentingannya menurut dia masih akan melakukan verifikasi data yang menyebabkan penyaluran FAME terkendala.

"Kalau misalnya barang enggak sampai karena ombak besar apa betul ombaknya besar, dilihat satelit. Nah ini kan mereka ada tim untuk melihat itu bakal dicek, nah ini kan rapat-rapat tim diceklah," tutur Tumanggor.
 

Gubernur BI Perry Warjiyo

BI Ungkap 5 Respons Kebijakan Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional

BI akan melakukan respon dan sikap kehati-hatian dalam upaya mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021