Cara BRI Genjot Perkembangan UMKM di Daerah

BRI genjot perkembangan UMKM.
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah dengan meluncurkan program BRIncubator yang melibatkan ratusan UMKM dari lima kota di Indonesia.

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Direktur Mikro dan Kecil BRI, Priyastomo, mengatakan, BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus untuk tujuan ekspor. Program inkubasi itu fokus untuk pengembangan pelaku UMKM di bidang pariwisata, pertanian, sub sektor kuliner, fashion, dan kerajinan.

"BRI ingin fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal serta nasional. Program ini juga bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh Indonesia," kata Priyastomo dalam sambutannya di hadapan pelaku UMKM saat peluncuran BRIncubator di Hotel Best Western Solo Baru, Jumat, 28 September 2018.

Pelaku UMKM Beri Hadiah Kalung untuk Istri Sandiaga Nur Asia

Dalam pelaksanaan program BRIncubator ini, lanjut dia, melibatkan peserta sebanyak 500 UMKM. Mereka berasal dari lima kota seperti Solo, Makassar, Bandung, Malang, dan Bandung. 

"Masing-masing kota dipilih sebanyak 100 pelaku UMKM. Jumlah peserta BRIncubator gelombang pertama ini hasil seleksi dari ribuan pendaftar," tuturnya.

BRI Group Luncurkan BRIGHTS, Aplikasi Trading Online Terlengkap

Dia menjelaskan, pelaksanaan program BRIncubator dengan menggandeng sejumlah pakar UMKM, baik bertaraf lokal maupun nasional. Para pakar itu merupakan para ahli yang berkompeten dalam dunia UMKM.

"Nantinya diharapkan peserta bisa memperoleh nilai tambah yang signifikan karena mendapatkan pengetahuan yang lebih riil dan konkret di lapangan dalam menjalankan bisnis UMKM," ujarnya.

Kegiatan BRIncubator terdiri atas roadshow, seminar, workshop, dan bootcamp. Selama rangkaian kegiatan inkubasi bisnis tersebut para UMKM akan selalu dimonitor perkembangannya. 

"Ya kita berharap para UMKM bisa naik tingkat gitu. Sampai dengan Desember nanti diharapkan para peserta UMKM sudah bisa ekspor," ujarnya.

Priyastomo mengungkapkan, pada tahap akhir program BRIncubator akan dipilih 30 UMKM di program inkubasi serta 30 UMKM di program akselerasi.

"Selanjutnya akan dipilih 3 UMKM terbaik dan akan mendapatkan hadiah berupa award untuk pengembangan usahanya. Jumlah total hadiahnya mencapai Rp250 juta," ujarnya.

Setelah program tersebut selesai, lanjut Priyastomo, BRI tetap akan mendampingi melalui 53 Rumah Kreatif BUMN BRI yang telah berdiri di sejumlah kota di Indonesia.

"Dengan program inklusi ini, kami mengharapkan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan UMKM Indonesia agar siap bersaing di kancah internasional pada era digital ini," kata dia.

Peluncuran program BRIncunbator itu selain dihadiri oleh ratusan UMKM, juga oleh perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Tito Adji Siswantoro yang merupakan kepala bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank Pasar Modal dan Edukasi serta Perlindungan Konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya