Fokuskan Empat Pertanyaan Ini, Sebelum Buat Toko Online

Bisnis Online
Sumber :
  • Agromedia

VIVA – Kehadiran toko daring atau online shop menjadi salah satu imbas positif dari perkembangan teknologi yang dapat kita rasakan dan terus berkembang pesat. Tingginya minat masyarakat untuk menikmati kemudahan belanja, tentu menjadi salah satu alasan utama mengapa bisnis ini berkembang.

Siasati Sepinya Toko Offline, Konsep MMC Beri Inovasi Kembangkan Usaha

Beberapa pebisnis online yang baru begitu antusias, bahkan jumlahnya terus bertambah. Lalu, apakah Anda juga berniat untuk terjun ke dalam bisnis online shop ini?

Tapi sebelum itu, pastikan Anda mengajukan pertanyaan penting untuk diri sendiri sebelum terjun di bisnis ini. Seperti empat pertanyaan penting ini, dikutip dari Cermati.com, Selasa 2 Oktober 2018:

Jeli Intip Tren dan Desain Menarik, Toko Casing Ponsel Ini Sukses Raih Trofi TikTok Shop Award

1. Bagaimana kondisi pasar yang akan disasar produk Anda?

Bicara bisnis, jelas kita harus selalu mengaitkannya dengan kondisi pasar. Bisnis hanya akan berjalan dengan baik, jika Anda bisa menemukan pasar yang tepat sejak awal, dan hal yang sama juga berlaku di dalam bisnis online shop.

Terkuak Sindikat Toko Online Jual Kopi Isi Sabu di Aceh, Begini Modus Culasnya

Apa produk Anda dan bagaimana kondisi pasar yang akan disasar produk tersebut ke depannya? Kedua pertanyaan tersebut, tentu menjadi hal mendasar yang harus terjawab dengan baik, sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis toko online tersebut.

Karena, hal ini akan sangat berkaitan dengan kesuksesan Anda dalam membangun bisnis. Jika menginginkan produk yang memiliki daya jual, jelas Anda harus bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan unik, bisa memenuhi permintaan pasar dengan baik ke depannya.

2. Siapa calon konsumen Anda?

Produk yang baik adalah produk yang laku di pasaran. Artinya, produk ini harus memiliki konsumen potensial dan dapat melakukan pembelian. Apakah Anda telah memiliki calon konsumen yang seperti ini?

Tidak hanya unik dan berkualitas, memiliki daya jual yang kuat adalah salah satu poin wajib untuk mencapai kesuksesan di dalam bisnis online shop.

Untuk urusan yang satu ini, Anda harus memahami kebutuhan calon konsumen Lakukan dengan cara pendekatan tertentu, seperti promosi, iklan, dan yang lainnya.

3. Bagaimana potensi perkembangan produk dan bisnis Anda?

Meski terbilang mudah untuk dijalankan, namun bisnis online shop yang sukses, tentu hanya bisnis yang bisa bertahan. Untuk mendapatkan posisi seperti ini, jelas Anda harus memiliki produk yang tepat, sehingga bisa berkesinambungan dan bukan pasar musiman.

Pemilihan produk tentu akan sangat berpengaruh. Penting bagi Anda untuk memahami dengan baik potensi perkembangan bisnis Anda, setidaknya untuk satu-dua tahun ke depannya.

4. Apa strategi Anda dalam membangun merek mengembangkan bisnis?

Produk tidak akan lahir begitu saja dan langsung dikenal dengan mudah di pasaran. Anda akan memiliki banyak pesaing dan harus bersusah payah untuk memenangkan persaingan di dalam bisnis online shop yang Anda jalankan.

Artinya, Anda harus memiliki strategi dan kemampuan yang baik untuk membangun merek (brand) serta mengembangkan bisnis yang Anda jalankan nanti. Karena, dikenalnya produk Anda juga dipengaruhi oleh brand yang dibuat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya