Wapres JK Tegaskan RI Tak Minta Bantuan Tangani Bencana

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkap Bank Dunia akan menjadi salah satu organisasi internasional yang turut memberi bantuan untuk penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

"Tetapi, pinjaman itu biasanya murah atau biasanya jangka panjang. Saya belum bicarakan teknisnya," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

Menurut JK, bantuan dari Bank Dunia akan melengkapi keperluan dana untuk tanggap darurat, rehabilitasi, hingga rekonstruksi daerah-daerah yang terdampak bencana. Selain Bank Dunia, Indonesia hingga saat ini juga sudah menerima penawaran bantuan dari puluhan negara asing dan organisasi internasional lain.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

"Kami tidak meminta, tetapi kami membuka kesempatan kalau negara-negara asing ingin membantu, ya terima kasih. Dan, mereka banyak sekali responsnya. Hari ini masuk (bantuan) dari Jepang, masuk dari Selandia Baru, masuk dari India," ujar JK.

Lebih lanjut, JK menyampaikan, penyaluran bantuan untuk para korban bencana sudah mulai menjangkau daerah-daerah terpencil di Sulawesi Tengah pada H+5 bencana Rabu kemarin. Pemerintah mendayagunakan helikopter untuk mengirimkan bantuan ke daerah-daerah itu, seperti dataran tinggi di Kabupaten Sigi dan Donggala.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

"Ada tiga helikopter yang membagikan logistik. Dari PMI satu (unit), dari tentara dua," ujar JK.

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024