Pemerintah Raih Komitmen Investasi Rp202 Triliun di IMF-World Bank
Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:01 WIB

Pemerintah Raih Komitmen Investasi Rp202 Triliun di IMF-World Bank

Setidaknya ada 19 investor akan menanamkan modalnya di Indonesia.
Menteri BUMN, Rini Soemarno
Photo :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa

Menteri BUMN, Rini Soemarno

VIVA – Pemerintah Indonesia berhasil memperoleh komitmen investasi senilai US$13,5 miliar dari investor global untuk mengerjakan beragam proyek infrastruktur. Investasi tersebut diperoleh pemerintah di sela acara Annual Meeting IMF-World Bank 2018, dalam acara Indonesia Investment Forum 2018.

Dalam acara tersebut, setidaknya terdapat 19 investor yang melakukan penandatanganan kesepakatan dengan 14 Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penandatanganan kesepakatan investasi tersebut turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Rini Soemarno, dalam sambutannya saat penandatanganan kesepakatan investasi tersebut mengatakan, berdasarkan jenis investasinya, kemitraan strategis memberikan kontribusi hampir 80 persen dari total nilai penandatanganan. Selebihnya adalah pembiayaan proyek dan pembiayaan alternatif pasar modal, yang mencakup sektor migas, hilirisasi pertambangan, pariwisata, bandar udara, kelistrikan, pertahanan, jalan tol, dan manufaktur.

loading...