Pengangguran di Desa Bertambah, Pemerintah Klaim Belum Musim Panen

Ilustrasi sawah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Angka pengangguran di Indonesia, per Agustus 2018, tercatat oleh Badan Pusat Statistik mengalami penurunan, dari yang sebesar 5,50 persen di Agustus 2017, menjadi 5,34 persen. Meski begitu, pengangguran di desa tercatat mengalami kenaikan, dari 3,72 persen menjadi 4,04 persen.

Bey Machmudin Klaim Beras di Jawa Barat Aman Hingga Lebaran

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menilai, meningkatnya pengangguran di desa tersebut cenderung bersifat musiman, atau sementara. Lantaran, mayoritas sektor kerja di desa yang didominasi oleh sektor pertanian sangat bergantung pada musim panen.

"Yang paling menonjol di sektor pertanian ini, mereka banyak yang bergantung pada musim, baik tanam dan panen. Di Agustus ini cenderung berbeda, belum memasuki masa panen," kata dia di Forum Merdeka Barat 9, Jakarta, Kamis 8 November 2018.

Ekonomi Sulit, Para Pengangguran di Tiongkok Terpaksa Tidur di Pipa Saluran Pembuangan

Keyakinan tersebut, didasarinya atas tren pengangguran yang secara keseluruhan dari 2015, memang mengalami penurunan, baik di desa maupun di perkotaan. Pada periode tersebut, pengangguran di perkotaan mencapai 7,31 persen, sedangkan di pedesaan 4,93 persen. Sementara itu, di 2018, untuk perkotaan 6,45 persen dan di pedesaan 4,04 persen.

"Karena itu, situasi naiknya pengangguran di desa, menurut saya tidak permanen. Misal, masa penen tiba dan harga produk meningkat, dia terserap lagi. Trennya secara keseluruhan soalnya menurun," tutur Hanif.

Ada Tambahan Beras 3,5 Juta Ton Hasil Panen Raya, Mentan: untuk Maret hingga Mei Cukup

Hal itupun juga diamini oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Menurut dia, memang pada periode tersebut panen raya sudah tidak lagi berlangsung. Sebab, panen raya terjadi pada periode Februari hingga Maret, sedangkan posisi Agustus hingga akhir tahun masuk masa tanam.

"Angka Februari dengan Agustus cenderung, karena di Februari ada panen besar. Karena musim panen, ada tenaga kerja yang terserap. Ini yang buat angka penganggurannya rendah (di Februari)," tegasnya. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung panen raya Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Rabu, 27 Maret 2024. Menurut dia, panen r

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024