Logo BBC

Dapatkah Merpati Kembali Terbang Tinggi Mengulang Kejayaan Masa Lalu?

Pesawat terbang-Bruce Bennett/Getty Images
Pesawat terbang-Bruce Bennett/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Jika tidak ada perubahan dramatis pada menit-menit terakhir, maskapai Merpati akan segera terbang kembali.

Maskapai bernama lengkap PT Merpati Nusantara Airlines ini mengalami kesulitan keuangan sejak 2008 dan sejak 2014 berhenti beroperasi.

Jumlah utang maskapai perintis tersebut saat ini mencapai sekitar Rp10,7 triliun, namun pada Agustus lalu Merpati mendapat investor baru yang siap menyuntik modal usaha sebesar Rp6,4 triliun.

Dan dengan disetujuinya permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) oleh Pengadilan Niaga Surabaya maka Merpati pun tak jadi pailit.

"Menyatakan sah perdamaian yang dilakukan antara PT Merpati Nusantara Airlines dengan kreditornya sebagaimana telah disepakati bersama pada kesepakatan tanggal 21 Oktober 2018," kata Hakim Ketua, Sigit Sutrisno, saat ketuk palu.

Dengan keputusan itu, berarti pembayaran utang-utang Merpati dapat ditunda dan investasi baru dapat digunakan untuk membeli pesawat baru dan mengurus izin tute terbang dan investasi operasional lainnya..

"Kita harus beroperasi kembali. Karena inti dari proposal perdamaian kan kita diberikan kesempatan untuk beroperasi kembali. Kemudian yang pada akhirnya memiliki kemampuan menyelesaikan mekanisme ruilslag yang telah disepakati," ujar Dirut PT Merpati Nusantara Airlines, Asep Eka Nugraha.