Kiat Bisnis Sukses Ala Presiden McLaren Club

Anggota komisi III DPR RI Ahmad Sahroni
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Anggota DPR RI komisi III Ahmad Sahroni punya kiat khusus menjadi pebisnis handal. Sahroni yang juga Presiden McLaren Club Indonesia mengatakan ada faktor yang harus dimiliki untuk menjadi pebisnis. Di antaranya, kepribadian, kemampuan, keuletan, dan modal.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

“Jangan sampai pribadi bagus tapi kemampuannya kurang,” ujar Sahroni di Jakarta, Senin 10 Desember 2018.

Sahroni menambahkan, selain hal tersebut, harus juga disertai dengan modal yang cukup. Bukan harus berupa materi, namun modal besar lainnya yang sangat dibutuhkan wirausahawan disampaikan Sahroni adalah network dan track record yang baik. 

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Ia berpesan para pelaku usaha online tak minder bergaul dengan kalangan yang lebih tinggi untuk memperluas jaringan.

“Relasi, modal berteman, bersahabat, bergaul yang bisa membantu menghasilkan usaha kita. Jangan anggp modal hanya duit. Duit bukan segalanya dan restu orangtua,”  kata dia.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Sementara itu, Sahroni mewanti-wanti pelaku usaha online untuk tak tergesa-gesa menaikkan omzet dimilikinya. Yang terpenting dalam dua tahun pertama diuraikan Sahroni adalah kemampuan bertahan. 

Setelah dua tahun terlewati, wirausahawan online dapat menaikkan omzetnya 50 hingga 100 persen.

“Kebanyakan orang pingin kaya cepet, pengen dapat duit instan, bagaimana menahan diri, ego untuk tidak melakukan itu memang tidak mudah, tapi dari sekarang harus membiasakan untuk tahu diri kalau kita belum apa-apa,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya