Ditjen EBTKE Pastikan B20 Aman untuk Lokomotif Kereta, Ini Buktinya

Uji Coba BBM B20 di lokomotif kereta.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengumumkan, hasil uji jalan penggunaan bahan bakar B20 selama enam bulan pada lokomotif GE dan PRL/EMD milik PT Kereta Api Indonesia, telah berhasil dengan baik.

Pengusaha Muda Sleman Wakili Indonesia di Forum B20 India

Dirjen EBTKE Rida Mulyana mengklaim, keberhasilan uji coba tersebut sangat memuaskan. Karena, penggunaan B20 itu sama sekali tidak menimbulkan dampak atau masalah pada filter, hose, dan injektor dari lokomotif yang diujicobakan tersebut.

"Hal ini membuktikan bahwa bahan bakar B20 dapat digunakan dengan aman di lokomotif PT KAI," kata Rida di kantornya, Jakarta, Kamis 20 Desember 2018.

Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045

Rida menegaskan, hasil dari uji jalan ini juga menunjukkan bahwa keandalan mesin lokomotif yang menggunakan bahan bakar B20 sangat tergantung kepada konsistensi bahan bakar.

Selain itu, lanjut Rida, upaya menjaga kualitas, tata cara penanganan, serta metode dan keamanan penyimpanan bahan bakar, juga merupakan aspek penting yang turut menentukan keberhasilan uji coba tersebut.

Menko Airlangga Bantah Mendag Zulhas soal Program B35 Bikin MinyaKita Langka

Karenanya, segala macam aturan prosedural dan petunjuk sudah disiapkan guna mengakomodasi penggunaan B20 dalam operasional PT KAI. Sebab, upaya itu merupakan salah satu kunci utama dari keberhasilan penggunaan BBM jenis tersebut.

"Maka, faktor-faktor tersebut harus dipenuhi sesuai dengan acuan atau pedoman resmi yang ada, untuk menghindari terjadinya masalah dalam penggunaan bahan bakar B20," ujarnya. (art)

Prabowo Subianto

Prabowo Bertekad Kembangkan Energi Baru Terbarukan, Energy Watch Bilang Begini

Energy watch merespons soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang bertekad untuk mengembangkan energi hijau atau energi baru dan terbarukan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024