Tutup 2018, Jokowi Pamer Pengalihan Banyak Blok Migas hingga Freeport

Presiden Joko Widodo (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo memamerkan sejumlah prestasi pemerintah merebut banyak blok minyak bumi dan gas dan migas yang sebelumnya dikuasai asing, selama 2018.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Jokowi yang juga capres petahana di Pilpres 2019 itu memaparkan sejumlah blok migas yang mulai beralih pengelolaannya ke pemerintah, melalui unggahan di akun Instagram resminya.

"Kita menutup tahun 2018 dan memasuki tahun yang baru, sebagai bangsa yang semakin berdaulat atas bumi dan kekayaan alamnya sendiri," tulis Jokowi dalam unggahan di @jokowi, dikutip pada Senin, 31 Desember 2018.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Menurut Jokowi, blok itu di antaranya Mahakam, Tuban, Ogan Komering, South East Sumatera (SES), dan North Sumatera Offshore (NSO). Ada juga blok East Kalimantan, Attaka, Tengah, dan Sanga-sanga.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Blok Rokan di Riau yang selama 50 tahun dikelola Chevron, akan beralih pengelolaannya ke Pertamina mulai 2021.

Kuasai Saham Vale Indonesia, MIND ID Punya Peran Strategis Genjot Hilirisasi Tambang RI

"Pemerintah punya komitmen yang besar untuk mengupayakan kedaulatan negara atas sumber daya alam yang dimilikinya dengan penguasaan negara terhadap sumber daya alam minyak dan gas," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI ini sekaligus memaparkan keberhasilan pemerintah mengambil alih 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Pengambilalihan berhasil setelah negosiasi alot selama 3,5 tahun dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang mengeruk sumber daya alam di Papua itu.

"Sudah 40 tahun Indonesia hanya menikmati bagi hasil pengolahan 9,3 persen dari tambang ini. Alhamdulillah, upaya panjang itu sudah membuahkan hasil," tulis Jokowi. (dau)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya