Masuk Bursa, Perusahaan Bob Sadino Suntik Modal ke Anak Perusahaan

IPO PT Sentra Food Indonesia di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetyo

VIVA – PT Sentra Food Indonesia Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia, dengan mencatatkan saham perdana atau listing. Dengan demikian, emiten berkode "FOOD" itu pun menjadi emiten pertama, yang melakukan listing di pasar modal Indonesia pada awal 2019.

Raup Dana IPO Rp 860 Miliar, Ancara Logistics Indonesia Genjot Ekspansi Usaha 2024

Salah satu perusahaan milik almarhum pengusaha ternama Bob Sadino ini pun tercatat melepas 150 juta saham, atau 22 persen dari modal yang ditempatkan dengan menawarkan Rp135 per saham.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menegaskan, dengan pencatatan saham perdana ini diharapkan Sentra Food bisa membangun hubungan baik dengan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder-nya.

BEI Setujui Bentoel Hengkang dari Pasar Modal Indonesia

"Ini perusahaan pertama yang tercatat di BEI (pada 2019). Ini special moment bagi perusahaan dari private company menjadi public company. Semoga perseroan dapat menawarkan komitmen dan visi yang jelas bagi perusahaan ke depannya. Semoga terus bisa berinovasi," kata Nyoman di Gedung BEI Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Pada kesempatan yang sama, Direkur Utama Sentra Food, Agustus Sani Nugroho mengatakan, perseroan berharap bahwa dari penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) tersebut mereka akan mendapat dana segar Rp20,25 miliar.

100 Armada Logistik MPXL Ditargetkan Beroperasi di IKN pada 2024

Nantinya, seluruh dana itu akan dialokasikan untuk meningkatkan setoran modal ke anak perusahaan, yakni PT Kemang Food Industries (Kemfood).

“Kemudian nanti Kemfood akan menggunakan seluruh dana hasil setoran tersebut sebagai modal kerja, seperti membeli bahan baku, dan bahan pembantu untuk kegiatan operasional Kemfood,” kata Sani.

PT Sentra Food Indonesia Tbk adalah induk perusahaan dan bagian dari Super Capital Indonesia (SCI), dengan anak perusahaan seperti Kemfood (produsen aneka produk daging olahan sejak 1975), dan PT Sapbeverages Indonesia (produsen aneka minuman). (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya