Harga Tiket Pesawat Aceh-Jakarta Akan Diturunkan Hingga 50 Persen

Maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA – Selain rute penerbangan dari Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association akhirnya (INACA) mengumumkan penyesuaian tarif tiket keberangkatan Aceh.

Intip Syarat Dapat Tarif PCR Rp195 Ribu dari Lion Air

Setelah ramai-ramai masyarakat Bumi Serambi Mekah itu mengeluhkan harga, kini harga tiket disebut akan terpangkas hingga 50 persen.

"Contoh Banda Aceh- Jakarta misal yang tadinya Rp3,2 juta itu, Garuda kelihatannya akan membuat Rp1,6 juta," kata Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin saat menyampaikan keterangan pers di kawasan Jakarta Selatan, Minggu 13 Januari 2019.

Calo Tiket Pesawat Nyambi Jual PCR Palsu Dicokok

Tengku mengatakan, penyesuaian tarif bukan hanya pada Garuda. Maskapai swasta seperti Batik Air juga melakukan hal serupa, tujuan Banda Aceh - Jakarta. "Begitu juga Batik untuk Jakarta Bali itu misalnya Rp2,9 juta jadi Rp1,9 juta," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama sebelumnya, pengumuman harga tiket turun disampaikan oleh Ketua INACA I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara.

Hotman Paris Keluhkan Mahalnya Tiket ke Bali

Ari menegaskan, sejumlah maskapai sudah sepakat menurunkan harga dimulai sejak Jumat kemarin untuk beberapa rute domestik yang menjadi tujuan favorit para penumpang.

Penurunan tiket bervariasi sebesar 20-60 persen. Sejak penurunan mulai berlaku, rute yang mengalami penyesuaian tarif seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, dan Bandung-Denpasar dan beberapa wilayah lainnya.

Penyesuaian itu, lanjut Ari, akan terus berlanjut atas koordinasi dengan pihak pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

"Di tengah kesulitan para maskapai, kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional," ujar Ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya