Harga Pangan Terkendali, BI Prediksi Inflasi Januari 0,5 Persen

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Bank Indonesia memprediksi inflasi pada Januari 2019, sebesar 0,5 persen. Hal itu didasarkan pada survei pemantauan harga yang dilakukan BI hingga minggu ketiga.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya melakukan survei tersebut di berbagai daerah melalui kantor cabang BI.

"Estimasi kita inflasi bulan Januari itu adalah 0,5 persen month to month, sehingga year on year itu adalah 3,0 persen," kata Perry di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 18 Januari 2019.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Ia menegaskan, sebagian harga komoditas tercatat rendah dan terkendali. Pasokan pangan yang tersedia, membuat kenaikan harga tidak terjadi secara signifikan.

Memang, diakuinya ada beberapa bahan pangan yang sedikit mengalami kenaikan harga seperti bawang merah, daging ayam ras, tomat sayur, emas dan perhiasan. "Jadi, pertama secara keseluruhan bahwa inflasi tetap rendah dan terkendali," kata dia.

Jokowi Resmikan Irigasi Gumbasa Sigi dengan Biaya Rp1,25 Triliun

Dengan demikian, Perry mengatakan bahwa inflasi sepanjang 2019, diperkirakan berada di bawah titik tengah sasaran pemerintah, yaitu di bawah 3,5 persen plus minus satu.

"Insya Allah perkembangan ini, dengan koordinasi dengan pusat dan daerah inflasi bisa di bawah 3,5 persen," tutur dia. (asp)

Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024