Ingin Benahi Situ Bagendit, Ridwan Kamil Lapor Langsung ke Jokowi

Presiden Jokowi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan para menteri di Situ Bagendit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengutarakan kepada Presiden Joko Widodo terkait rencana pembenahan Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ Bagendit merupakan sebuah objek wisata alam di Kabupaten Garut yang berlokasi cukup dekat dengan perkotaan.

Harbak PU ke-76, Basuki Ajak Insan PUPR Berkontribusi Pulihkan Ekonomi

"Saya menyampaikan rencana penataan Situ Bagendit langsung kepada Pak Presiden, " ujarnya  Sabtu, 19 Januari 2019, di sela kegiatan Presiden Jokowi dalam rangka Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018-2019.

Presiden Joko Widodo berkomitmen mendukung rencana tersebut melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai tahun depan. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Alhamdulillah beliau (Joko Widodo) berkomitmen, mendukung melalui Kementerian PUPR, Jabar sedang ngabret menuju JabarJuara," ungkap Ridwan.

Seperti diketahui bahwa Situ Bagendit memiliki cerita rakyat yang cukup terkenal menurut cerita rakyat setempat, zaman dahulu kala hidup seorang wanita kaya raya bernama Nyai Endit. Nyai Endit dikenal amat kikir dan jahat terutama ke orang miskin, sampai satu ketika saat dia mengadakan pesta muncul seorang kakek yang terlihat miskin meminta makanan.

Usai Temui Penguasa Abu Dhabi, Jokowi Tinjau Pembangunan Infrastruktur

Karena kekikirannya, Nyai Endit tidak memberikan apapun pada kakek tersebut hingga akhirnya kakek itu pun pergi. Keesokan harinya, masyarakat daerah tersebut geger karena adanya sebatang lidi yang menancap di tanah desa tapi tidak ada seorangpun yang sanggup mencabutnya.

Sampai akhirnya sang kakek muncul kembali dan mencabut lidi tersebut. Dikisahkan bahwa dari bekas lubang lidi tersebut mengalir air yang semakin lama semakin deras hingga akhirnya menenggelamkan wilayah tersebut. Nyai Endit karena cintanya pada harta tidak mau meninggalkan rumahnya dan akhirnya ikut tenggelam.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021