Potensi Besar, Sri Mulyani Ingin Jadi Selebgram Setelah Pensiun
Selasa, 22 Januari 2019 | 14:23 WIB

Potensi Besar, Sri Mulyani Ingin Jadi Selebgram Setelah Pensiun

Konsumsi kelas menengah RI akan sangat besar pada 2020.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Ruang Kerjanya.
Photo :
  • Dok. Kementerian Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Ruang Kerjanya.

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi kelas menengah yang sangat besar pada 2020. Diperkirakan pada periode itu, kelas menengah di Indonesia akan mencapai 85 juta orang dari 2010 sebanyak 45 juta orang.

Menurut dia, potensi itu akan menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar di kawasan Asia Tenggara yang memiliki modal penduduk kelas menengah. Artinya, itu ditegaskannya menjadi potensi besar sebagai pendorong sektor konsumsi utama Indonesia ke depannya, yang merupakan mesin pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kalau suatu ekonomi yang punya kelas menengah yang jumlahnya di atas 50 juta, itu lebih besar dari negara tetangga kita. Seluruh Malaysia saja enggak akan sebesar itu, seluruh ASEAN. Berarti Indonesia is the biggest engine of growth, karena kelas menengahnya," kata Sri dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

"Kelas menengah dan milenial yang buat mereka, lifestyle important, experience important. Jadi experience kelas menengah menyebabkan demand growth consumption tinggi. Itu kalau ngomong konsumsi tinggi bukan jelek," tuturnya.