Jalur Layang Kereta Bandara Kualanamu Bakal Beroperasi April 2019

Suasana Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Pembangunan proyek jalur layang kereta api Medan-Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara sudah mencapai 96 persen. Jalur ini dijadwalkan untuk dioperasikan pada April 2019.

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara, Fakhrul Rivai Hasibuan. 

Ia mengatakan, jalur layang kereta api dibangun untuk operasi kereta api bandara ke Kualanamu. "Kami targetkan siap di bulan Maret 2019. Akhir Maret atau di awal April 2019 sudah bisa dioperasikan," ujar Fakhrul saat dikonfirmasi VIVA, Jumat siang, 25 Januari 2019.

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

Untuk saat ini, kata Fakhrul, pengerjaan pada Stasiun Besar Kota Medan dengan melakukan mekanikal elektrikal, finishing dan secara struktur sudah selesai. Termasuk untuk pemasangan rel kereta api jalur layang dari Medan ke arah Kualanamu atau mengarah ke Mandala menyisakan 500 meter. 

"Kalau mengarah Pulo Brayan lebih kurang 3 kilometer lagi. Pemasang itu akan dilakukan awal Febuari 2019 ini," ujar Fakhrul.

Puncak Arus Mudik Penumpang KA di Yogyakarta Diprediksi Terjadi pada H-4 Lebaran

Pada jalur kereta api Medan-Kualanamu sepanjang 10,8 kilometer itu, menurut Fakhrul, tengah dilakukan pengerjaan di bagian atas,  dengan pemasangan rel dan beton rel yang dikejar selesai pada Maret 2019 ini.

"April siap operasional, bulan Maret kami akan mengundang tim penguji infrastruktur, sudah kita bangun, tahapan uji kelayakan dan uji safety. Kemudian, uji beban pada jalur layangnya," ujar Fakhrul. (jhd)
 

Ilustrasi kereta api melintas.

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

PT KAI akan mengoperasikan 924 kereta api jarak jauh atau rata-rata 231 perjalanan kereta api jarak jauh pada libur panjang akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024