BI Pede Inflasi Februari Lebih Rendah Ketimbang Januari, Ini Alasannya

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2018 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Bank Indonesia mencatat, berdasarkan survei pemantauan harga pada pekan pertama Februari 2019, laju inflasi pada bulan ini akan sebesar 0,07 persen secara bulanan. Sementara itu, secara tahunan, laju inflasi pada periode itu akan sebesar 2,72 persen.

BI Sudah Gelontorkan Rp 75 Triliun Uang Tunai Buat Lebaran 2024

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, dengan hasil tersebut pada bulan ini, inflasi diperkirakan jauh lebih terkendali dibandingkan dengan laju inflasi pada Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen dan 2,82 secara tahunan.

"Jadi berdasarkan survei pemantauan harga minggu kesatu, kemungkinan inflasi Februari ini lebih rendah dari inflasi Januari," kata Perry saat ditemui di kompleks BI, Jakarta, Jumat 8 Februari 2019.

BI Wanti-wanti Kenaikan Inflasi di Periode Ramadhan dan Idul FItri 

Selain itu, Perry menilai, laju inflasi di Februari tersebut juga mengonfirmasi perkiraan laju inflasi sepanjang 2019 akan terkendali. Atau, lebih rendah dari sasaran titik tengah inflasi yang sebesar 3,5 persen.

"Karena semua penyumbang inflasi berbagai harga itu terkendali," tutur dia.

Catat, Ini Jadwal Operasional BI saat Lebaran 2024

Badan Pusat Statistik atau BPS sebelumnya mengungkapkan bahwa harga ikan hingga tiket pesawat menjadi penyebab utama inflasi sebesar 0,32 persen pada Januari 2019. Kenaikan harga ikan terjadi di beberapa daerah dan harga tiket pesawat pun tercatat naik pada awal tahun. 

Kepala BPS, Suhariyanto, menguraikan, penyebab utama inflasi yaitu komoditas ikan segar yang menyumbang inflasi sebesar 0,06 persen yang disusul beras 0,04 persen dan tarif angkutan udara atau tiket pesawat 0,02 persen. (art)

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim dalam Pembukaan Layanan Kas Keliling Terpadu BI

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Bank Indonesia (BI) memastikan, kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) untuk layanan penukaran uang Lebaran, menggunakan uang baru.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024