Seribuan Jadwal Penerbangan di Yogya Dibatalkan, Ini Sebabnya

sorot penerbangan - pesawat - bandara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Sebanyak 1.046 jadwal penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto dibatalkan sepanjang Januari 2019. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab batalnya penerbangan tersebut

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

General Manger PT Angkasa Pura I Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan, rata-rata per hari, sebanyak 40 penerbangan dibatalkan. Di bandara tersebut ada sekitar 188 penerbangan per harinya. 

"Ini memang cukup berdampak dalam menurunnya jumlah penumpang, dari bulan-bulan sebelumnya," ujar Agus saat diwawancarai tvOne, Senin 11 Februari 2019. 

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

Dia pun tak menampik penurunan tersebut akibat harga tiket pesawat yang mahal dan mulai diterapkannya bagasi berbayar, menjadi penyebab. Namun, kedua hal tersebut bukanlah faktor utama. 

"Ini lebih ke low season ya, dimana ada peningkatan sebelumnya Natal dan Tahun baru, angkutan udara ini di Januari memang low. (Harga tiket dan bagasi berbayar) dampak itu mungkin ada pengaruhnya tapi bukan utama," tegasnya.  

Erick Thohir Pede Sektor Penerbangan Pulih 6-8 Bulan Kedepan

Selain itu dia mengatakan, faktor cuaca buruk di awal tahun juga berpengaruh. kemudian ada juga perbaikan fasilitas bandara yang bisa berpengaruh pada operasional. (row)

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi, mencurahkan isi hatinya soal beragam masalah serta berbagai tantangan industri aviasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024