Ketua DPR: Rakyat Rasakan Murahnya Harga BBM - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 11 Februari 2019 | 13:50 WIB

Ketua DPR: Rakyat Rasakan Murahnya Harga BBM

Bambang Soesatyo menolak analisis politis pada kebijakan itu.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo di kompleks Parlemen di Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.
Photo :
  • VIVA/Reza Fajri

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo di kompleks Parlemen di Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo mengakui keberhasilan pemerintah dalam menurunkan harga bahan bakar minyak, setelah Badan Usaha Bahan Bakar Minyak menyesuaikan harga jual eceran jenis bahan bakar umum atau JBU.

Menurut Soesatyo, penurunan harga bensin itu menjadi salah satu indikator keberhasilan perekonomian nasional berhasil. Begitu juga, satu harga BBM sampai di puncak gunung Papua.

Dia menolak analisis politis atau tidak pada kebijakan penurunan harga BBM, sebab kenyataannya rakyat merasakan dampak atau manfaatnya.

"Terlepas dari politis atau tidak, rakyat merasakan kemurahan BBM. Dan, rakyat merasakan baiknya ekonomi bagi keluarga mereka, rumah tangga mereka," katanya di kompleks Parlemen di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Politikus Partai Golkar ini juga menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo sejauh ini telah menunjukkan kemajuan. Dia mendasarkan itu pada hasil survei belakangan ini, sebagaimana dapat dinilai dari kualitas pelayanan publik dan pencapaian ekonomi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, sebelumnya menjelaskan bahwa formula baru harga JBU itu telah menetapkan batas atas maupun bawah untuk harga jual BBM. Ditetapkan batasan margin, yaitu paling rendah lima persen dari harga dasar dan paling tinggi 10 persen dari harga dasar.

"Jadi, alhamdulillah kita sudah punya pedoman saat sesuaikan harga BBM-nya, mereka jual yang paling rendah Rp50 (turun) paling tinggi Rp1.100. Jadi, masyarakat bisa beli BBM dengan harga yang wajar. Pertamina juga sudah menyesuaikan," katanya di Jakarta. (asp)

Saksikan Juga

Lagu "Suket Teki" Warnai Perpisahan Kabinet Kerja

BERITA - 11 jam lalu
loading...
Muat Lainnya...