Jokowi Sebut Bakal Banyak Perusahaan Antre Jual Avtur di Bandara – VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 12 Februari 2019 | 06:36 WIB

Jokowi Sebut Bakal Banyak Perusahaan Antre Jual Avtur di Bandara

Presiden Joko Widodo usai menghadiri acara Rakernas IV PHRI
Photo :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

Presiden Joko Widodo usai menghadiri acara Rakernas IV PHRI

VIVA – Presiden Joko Widodo memastikan banyak perusahaan yang akan antre untuk menjual avtur di bandara. Hal itu dikemukakan Jokowi saat menjawab pertanyaan jika dia menghapus monopoli Pertamina dalam memasok avtur di bandara dalam negeri. 

"Banyak kalau yang mau, antre, saya pastikan. Walaupun saya belum tahu (perusahaannya), tapi saya pastikan antre," kata Jokowi usai menghadiri acara Rakernas IV Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019 malam. 

Ia menjelaskan, monopoli penjualan avtur Pertamina di bandara membuat harga avtur dalam negeri tidak kompetitif. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, kata Jokowi, harga avtur Indonesia terpaut lebih tinggi 30 persen. 

"Itu yang harus dibenahi sehingga kalau harga sama dengan negara lain, ada yang namanya daya saing, competitiveness. Kalau ini diterus-teruskan pengaruhnya ke harga tiket pesawat," katanya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, harga avtur menyumbang 40 persen dari biaya operasi maskapai penerbangan yang berpengaruh kepada tiket pesawat. Untuk itu, Jokowi akan memanggil Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati untuk membahas mahalnya harga avtur.

"Besok saya panggil aja (Dirut Pertamina)," katanya. 

Jokowi pun menyebutkan bahwa Pertamina memiliki untung yang sudah cukup besar. "Pertamina kemarin laporan lisan kepada saya untungnya sudah di atas Rp20 triliun kok," kata Jokowi. (mus)
 

    Muat Lainnya...