Cikal Bakal Trans Kalimantan, Jokowi Pamer Tol Samarinda-Balikpapan

Progres pembangunan Jalan tol di Indonesia.
Sumber :
  • Dok.PUPR

VIVA – Dalam waktu dekat, pulau Kalimantan akan segera memiliki jalan tol perdana. Jalan tol dengan panjang 99,35 kilometer tersebut akan menghubungkan Kota Samarinda dengan Kota Balikpapan di Provinsi Kalimatan Timur.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Dikutip dari Instagram Presiden Joko Widodo @jokowi, pada Sabtu 16 Februari 2019, dijelaskan bahwa proyek tol yang pertama kali ada di Kalimantan itu pada awal Februari ini progres konstruksinya telah mencapai 85,7 persen.

Menurut Presiden, jalan tol Samarinda-Balikpapan dapat memangkas waktu tempuh lebih cepat. Yaitu dari Samarinda ke Balikpapan dapat ditempuh selama satu jam saja dari biasanya melalui jalan biasa sekitar tiga jam.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Diharapkan presiden, jalan tol ini bisa meningkatkan konektivitas daerah-daerah yang dilaluinya, dari Balikpapan, Samboja, Muara Jawa, Palaran, sampai Samarinda.

"Selain itu, juga mengurangi biaya logistik bagi perusahaan-perusahaan dalam kawasan industri yang bergerak di sektor Kelapa Sawit, Batu bara, Migas dan Pertanian," jelas Presiden Joko Widodo.

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

Perlu diketahui, tol sepanjang 99,35 km ini terdiri dari lima seksi.  yaitu seksi II Samboja-Muara Jawa dan Seksi III Muara Jawa-Palaran ditargetkan rampung Maret mendatang. 

Sedangkan, seksi I Balikpapan-Samboja ditargetkan rampung April. Sementara itu, seksi IV Palaran-Samarinda pada Juli, dan seksi V Balikpapan-Bandara Sepinggan pada Agustus 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya