Prabowo Kritik Impor Pangan Saat Panen, Mendag: Itu Keputusan Rakor

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Sumber :

VIVA – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengkritik secara terang-terangan kebijakan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang membolehkan impor pangan saat panen. Hal itu diutarakannya dalam debat pilpres agar menjadi pertimbangan bagi calon presiden nomor urut 01 sekaligus petahana, Joko Widodo. 

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Menanggapi itu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kebijakan impor saat itu bukan keputusan yang dia ambil sendiri. Kata dia, keputusan tersebut diambil saat rapat koordinasi atau rakor dengan para menteri ekonomi. 

"Enggak ada (Kepmen), bukan permen. Tapi itu keputusan rakor, saya mengeluarkan berdasarkan rakor," kata Enggar ditemui di pabrik Mayora, Cikupa, Tangerang, Senin 18 Februari 2019. 

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Saat ditanyai terkait tanggapannya soal kritikan Prabowo tersebut, Enggar menegaskan bahwa kebijakan impor saat masa panen bukan kebijakannya pribadi. Ia lantas menuding bahwa Prabowo yang kurang mengetahui soal kebijakan itu. 

"Mungkin pak Prabowo enggak tahu bahwa itu keputusan Rakor," katanya. 

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Dalam debat kemarin, Prabowo mengkritik kebijakan Jokowi yang banyak sekali melakukan impor pangan. Hal itu dikatakannya sangat memukul kehidupan petani-petani di Indonesia. Salah satu contohnya adalah petani Tebu. 

Untuk itu, Prabowo meminta Jokowi segera mengecek kebijakan tersebut, karena menjadi keluhan petani dimana-mana.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus capres terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi di Kantor Kemenhan RI, Jakarta Pusat, Kamis, 18 April 2024

Raih Suara Terbanyak dalam Sejarah Pilpres, Menlu Tiongkok Ucapkan Selamat ke Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok, Wang Yi di Kantornya, hari ini.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024