Menhub: Larangan Terbang Boeing 737 Max 8 Berlaku Sepekan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa larangan terbang sementara atau temporary grounded atas pesawat Boeing 737 Max 8 di Indonesia berlaku selama sepekan. Larangan itu menyusul insiden jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines di Ethiopia pada Minggu, 10 Maret 2019.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

"Kita akan melakukan (temporary grounded) dalam satu minggu," kata Budi Karya usai berbicara dalam forum Seminar dan Dialog Nasional Himpuni bertajuk "Kesiapan UMKM & Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi Industri 4.0" di Po Hotel Kota Semarang, Selasa 12 Maret 2019.

Sembari proses temporary granded itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan menurunkan tim guna mengobservasi dan meneliti maskapai itu untuk mencari hal-hal yang sekiranya dapat diantisipasi.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

"Tapi apabila kita menemukan ada hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka ada suatu tindakan atau keputusan yang akan kita lakukan," ujarnya.

Proses observasi dan penelitian tidak secara langsung melibatkan tim dari Boeing namun seluruh hasilnya akan diinformasikan perusahaan asal Amerika Serikat. Jika dinilai layak dan tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan, larangan terbang itu segera dicabut.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Imbauan grounded pesawat Boeing 737 Max 8 itu juga sebagai bentuk antisipasi kemungkinan terjadinya hal serupa. Terlebih selain jenis pesawat itu, kecelakaan udara fatal juga dialami Lion Air JT-610 yang menewaskan seluruh penumpangnya.

Selain itu, Budi menyatakan rasa prihatinnya terhadap kecelakaan pesawat di Ethiopia yang menewaskan seorang warga negara Indonesia itu. Duka mendalam juga disampaikan terhadap para penumpang yang menjadi korban. (ren)

Pengendara mobil marah-marah usai ditegur parkir sembarangan

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Beria tentang Pertamina bebastugaskan karyawannya yang viral parkir sembarangan dan meludah saat ditegur pada Minggu, 7 April 2024 menyita perhatian publik sekarang ini.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024