Menteri Basuki Beri Sinyal Diskon Tol Trans Jawa Lanjut Hingga Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memberi sinyal diskon tarif tol Trans Jawa sebesar 15 persen bakal diperpanjang. Sebab, tarif resmi tol Trans Jawa secara keseluruhan masih belum ditentukan.

Mudik Lebaran 2024 via Tol Trans Jawa? Siap-siap Bayar Tarif Nyaris Rp 1 Juta

Basuki pun mengakui ada kemungkinan perpanjangan diskon tarif tol itu dilanjutkan sampai mudik Lebaran 2019.

"Masih pakai diskon dulu sekarang. diperpanjang diskonnya. Dua bulan atau berapa itu, mungkin (sampai lebaran)," ujar Basuki usai rapat di Komisi V DPR RI, Senayan, Senin 25 Maret 2019.

Tarif Tol Serpong-Cinere Naik Mulai 21 Februari, Simak Rinciannya

Ia mengemukakan, ada beberapa kesulitan dalam menentukan tarif tol Trans Jawa. Setiap ruas memiliki tarif yang berbeda lantaran pembangunannya dilakukan di tahun yang berbeda dan pengelolanya atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga tidak sama. 

"Pembangunannya tidak dalam satu tahun, jadi kalau misalnya yang Jakarta-Cikampek 1 km Rp200, Cipali 1 km Rp700, yang makin baru Rp1.500 ada Rp1.100 jadi ini yang harus dihitung terus," ujar dia. 

BPJT: Tarif Tol Cinere - Serpong Seksi I dan II Ditetapkan Akhir Januari 2024

Karena BUJT dan waktu pembangunan yang berbeda, lanjut Basuki, sehingga investasi yang digelontorkan pun berbeda. Hal itulah yang membuat tarif per km di tol Trans Jawa berbeda-beda setiap kilometernya. 

"Ini yang masih dibicarakan antara BUJT itu," kata dia. 

Basuki mengakui pihaknya juga berupaya membuat agar tarif tol Trans Jawa sama rata di tiap ruas yang dibangun termasuk kemungkinan adanya subsidi silang. Bukan tidak mungkin, Basuki mengakui akan ada aturan baru sebagai landasan hukum pengaturan tarif tersebut 

"Perlu dibahas dengan Asosiasi Tol Indonesia," tambah Direktur Jenderal Bina Marga, Sugiyartanto di tempat yang sama. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya