Logo BBC

Boeing Umumkan Rangkaian Perbaikan Pesawat 737 Max

Belum diketahui kapan Boeing 737 Max akan kembali melayani penerbangan komersial. - Boeing
Belum diketahui kapan Boeing 737 Max akan kembali melayani penerbangan komersial. - Boeing
Sumber :
  • bbc

Perusahaan Boeing mengumumkan serangkaian perubahan pada sistem kendali pesawat 737 Max yang disebut terkait dua insiden jatuhnya pesawat maskapai Ethiopian Airlines dan Lion Air.

Sebagai bagian dari pemutakhiran, Boeing akan memasang sistem peringatan sebagai standar baru pada pesawat 737 Max, yang sebelumnya merupakan fitur opsional keselamatan.

Baik pesawat 737 Max milik Lion Air maupun Ethiopian Airlines tidak memasang sistem peringatan tersebut—yang dirancang untuk memperingatkan pilot tatkala sensor menghasilkan pengukuran yang bertentangan.

Boeing mengatakan maskapai-maskapai yang memiliki pesawat 737 Max tidak perlu membayar uang tambahan untuk memasang sistem peringatan itu.

Pemutakhiran

Pabrikan pesawat tersebut juga merilis pemutakhiran perangkat lunak yang disebut-sebut terkait dengan jatuhnya dua pesawat dalam rentang lima bulan.

Perangkat lunak itu dikenal dengan sebutan maneuvering characteristics augmentation system (MCAS), yang berfungsi mencegah pilot menaikkan hidung pesawat terlalu tinggi dengan cara menukikkan pesawat secara otomatis.