Jokowi Janjikan Tol Bakauheni-Palembang Tersambung Juni 2019

Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Calon presiden Republik Indonesia nomor urut 01, Joko Widodo, mengklaim jalan tol Trans Sumatera penghubung Bakauheni-Palembang tersambung pada Juni 2019.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Klaim ini disampaikan sang petahana saat kampanye di Palembang Sport and Convention Centre atau PSCC, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa, 2 April 2019.

"Nanti di Juni, jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Bakauheni sampai Palembang akan tersambung," ungkap Jokowi.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Menurut Jokowi, dengan ruas jalan tol dari Bakauheni hingga Palembang tersambung, maka dapat meningkatkan mobilitas transportasi lebih cepat dan lebih baik.

Melalui ruas jalan tol tersebut, Bakauheni-Palembang bisa ditempuh dengan kurun waktu hanya lima hingga enam jam. Sementara itu, sebelum ada tol, Bakauheni-Palembang bisa memakan waktu hingga 12 jam.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

"Jadi siapa yang enggak setuju tunjuk tangan. Kalau ada yang enggak setuju 'awas ya'," ujar Jokowi, bercanda dengan massa pendukungnya.

Pemerintah saat ini memang tengah fokus menyelesaikan pembangunan tol Trans Sumatera. Untuk saat ini tol Trans Sumatera yang telah terbangun di antaranya, Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer dan Palembang-Indralaya sepanjang 22 kilometer.

Kemudian, Bakauheni-Terbanggi Besar 140 kilometer, Patang Baru-Dumai 131 kilometer sudah selesai 51 kilometer. Jokowi menargetkan tol Trans Sumatera dari Bakauheni hingga Aceh sepanjang 2.700 kilometer tersambung pada 2024.

Bagi Jokowi, jalan tol ini tidak semata-mata hanya membangun. Namun, dengan adanya tol Trans Sumatera diharapkan dapat menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Indonesia.

"Dengan adanya jalan tol, pembangunan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, tapi bisa secara merata," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya