Kerugian Investasi Bodong Capai Rp88 Triliun

Ilustrasi investasi.
Sumber :

VIVA – Investasi bodong sedang marak di Indonesia, khususnya di Jakarta. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan kerugian atas investasi bodong sejak 2008 hingga 2018 mencapai puluhan triliun.

Terungkap Alasan Gen Z Rentan Terjerat Investasi Bodong, Ini Kata Pakar

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing mengatakan kerugian mencapai puluhan triliun berdasarkan kasus yang telah diungkap.

"Diperkirakan kerugian akibat kegiatan investasi bodong ini sebesar Rp88 triliun pada kerugian akhir," ucap Tongam di Balai Kota, Jakarta, Jumat, 5 April 2019. 

Datangi MA, Korban Investasi Bodong Doni Salmanan Desak Aset Bisa Dikembalikan

Kasus investasi bodong yang mencuat ke publik salah satunya kasus Pandawa Grup, yang telah menimbulkan kerugian sebesar Rp3,8 miliar terhadap 594 ribu orang. 

Selain itu, para korban juga tergiur dengan tawaran bunga tinggi sehingga calon investor tergiur untuk melakukan investasi uang.

Korban Investasi Bodong EDCCash Malah Minta Kasusnya Dihentikan, Ada Apa?

"Misalnya ditawarkan Investasi A ditipu, ditawarkan investasi B juga ketipu. Ini menjadi momen penting untuk masyarakat Jakarta, yang sering kena tipu," jelasnya.

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024