Per Unit Rp50 Juta, Tiga Lokasi Ini Jadi Hunian Korban Gempa Sulteng - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 8 April 2019 | 13:54 WIB

Per Unit Rp50 Juta, Tiga Lokasi Ini Jadi Hunian Korban Gempa Sulteng

Ada di Talise, Duyu dan Pombewa.
Foto udara kawasan terdampak gempa dan tsunami di Pantai Teluk Palu di Palu, Sulawesi Tengah.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Foto udara kawasan terdampak gempa dan tsunami di Pantai Teluk Palu di Palu, Sulawesi Tengah.

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah memetakan tiga lokasi yang akan dijadikan sebagai relokasi hunian tetap atau huntap korban bencana di Sulawesi Tengah.

Usai gempa, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Sulawesi Tengah itu, sebagian korban masih menempati hunian sementara.

Kepala Satgas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR Sulawesi Tengah, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, tiga lokasi yang ditetapkan adalah di Talise seluas 481,63 hektare (ha), Duyu seluas 41,65 ha, dan Pombewe seluas 362 ha. 

Pemerintah, kata dia, sudah membuka akses jalan dan menyiapkan lahan untuk huntap tersebut. "Kita sudah buka jalan akses, sudah siapkan lahan," kata Arie dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin 8 April 2019. 

Untuk percepatan pembangunan, lanjutnya, Wakil Presiden, Jusuf Kalla pun membolehkan penunjukan langsung kepada kontraktor yang akan membangun.

Untuk harga hunian tetap per unit, ditetapkan senilai Rp50 juta per unit, dengan luas tanah 150 meter persegi (m2) dengan tipe rumah 36 m. 

"Kemungkinan, kita harus membangun 21 ribu (unit) Huntap," kata dia. 

Dalam pembangunan hunian tetap ini, Arie mengatakan, pihaknya juga akan menyediakan akses air bersih melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. 

"Huntap dengan luas tanah 150 m2, rumah tipe 36 ini lengkap dengan (sistem) air minum, dan pengelolaan air limbah. Desain selesai, kita langsung (bangun)," jelasnya. (asp)

loading...
Muat Lainnya...