AP II Akui Penumpang Pesawat Domestik Turun karena Tiket Mahal

Direktur PT. Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Mahalnya harga tiket pesawat membuat jumlah penumpang di bandara kian sepi, khususnya untuk penerbangan domestik. Namun begitu, untuk penerbangan internasional, jumlah penumpang justru tercatat naik dibandingkan biasanya. 

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin ditemui di Gelora Bung Karno, Jakarta. Dinamika pergerakan trafik penumpang itu dipantau sejak 1 Januari 2019 hingga akhir Maret 2019.

"(Harga tiket) memang ada terdampak cukup (besar) di domestik," kata Awal akrabnya disapa, Selasa 16 April 2019.

Mendagri Minta Maskapai Tak Aji Mumpung Patok Tarif Pesawat Jelang Lebaran 

Ia mengaku terus memantau penumpang di bandara karena jumlahnya bergerak dinamis alias berubah setiap harinya. Destinasi tujuan penerbangan di dekat lokasi tol Trans Jawa khususnya, terkena dampak cukup besar karena ada alternatif lain selain pesawat. 

"Dinamika harus kita amati, kalau terpengaruh pricing tiket iya, tapi kita masih amati," lanjutnya. 

Bos Lion Group Curhat ke Menteri Jokowi Sering Diminta Tekan Harga Tiket Pesawat

Untuk bandara yang menjadi hub internasional seperti Bandara Soekarno-Hatta, menurut dia, tidak begitu kelihatan dampaknya. Untuk angka pasti penurunan penumpang domestik, Awal mengatakan, pihaknya belum bisa menyebutkan angkanya secara pasti. 

"Domestik perlu kita kombinasikan sehingga agregrasinya berapa, karena satu bandara hitung kalkulasi keseluruhan penerbangan," ujar dia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 1 April 2024.

Menhub Ingatkan soal Harga Tiket Pesawat, Ini Penjelasan Dirut Garuda

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memperingatkan para maskapai penerbangan untuk mengikuti regulasi yang berlaku, terkait harga tiket pesawat. Dirut Garuda bersuara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024