10 Marketplace Terpopuler di Indonesia Kuartal I 2019, Siapa Juaranya?

Pekerja menaruh barang pesanan konsumen saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Platform belanja online terus berlomba-lomba memberikan berbagai promo menarik serta inovasi yang memanjakan penggunanya di Indonesia. Hal itu menandakan persaingan antar e-Commerce pun semakin ketat saat  ini dan di masa depan.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Lalu, seperti apa lanskap industri tersebut saat ini? Dikutip, Sabtu, 11 Mei 2019, dari data kuartal I 2019 situs perbandingan harga produk-produk di online marketplace, iPrice, menunjukkan bahwa platform belanja online lokal masih merajai pasar Indonesia. 

Tokopedia meraih posisi teratas sebagai platform belanja online dengan jumlah pengunjung aktif bulanan tertinggi, disusul dua pesaing terbesarnya Shopee dan Bukalapak

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Data itu pun menjelaskan di Asia Tenggara Tokopedia adalah satu-satunya aplikasi mobile e-Commerce yang paling aktif digunakan di negara asalnya. Sebagai gambaran, Shopee berada di posisi ke-2 di negara asalnya Singapura, sementara di Tiki.vn berada di posisi ke-3 di negara asalnya Vietnam. 

Saat ini Indonesia memang menjadi pangsa pasar terbesar di Asia Tenggara bagi pemain e-Commerce. Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 269 juta jiwa dan tingginya penggunaan telepon pintar saat ini dan diproyeksi akan terus meningkat. 

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Sebelumnya, laporan State of Internet dari Akamai menyatakan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan adopsi digital tertinggi di dunia, mengalahkan India dan China. Hal ini menjadi peluang besar bagi pemimpin pasar di Indonesia untuk turut memiliki posisi strategis di industri e-Commerce dalam skala regional. 

Tahun lalu, Tokopedia menjadi platform e-Commerce paling banyak dikunjungi ketiga di Asia Tenggara meskipun hanya tersedia di satu negara, dengan rata-rata 125 juta pengunjung pada 2018. 

Berikut ini daftar 10 e-Commerce yang merajai pasar Indonesia di kuartal I 2019 versi iPrice:

1. Tokopedia
2. Shopee
3. Bukalapak
4. Lazada
5. JD.id
6. Blibli.com
7. Zalora
8. AliExpres
9. Zilingo Shopping
10. Amazon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya