BI Proyeksikan Inflasi Mei 2019 Lebih Rendah dari Tahun Sebelumnya

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Bank Indonesia memperkirakan, inflasi pada Mei 2019, akan sebesar 0,51 persen secara bulanan atau month to month/mom. Sementara itu, secara tahunan atau year on year/yoy sebesar 3,14 persen. Proyeksi tersebut berdasarkan survei pemantauan harga BI di minggu ketiga Mei 2019.

BI Sudah Gelontorkan Rp 75 Triliun Uang Tunai Buat Lebaran 2024

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, proyeksi tersebut cenderung lebih kecil dibanding pola musiman saat Ramadan maupun Lebaran. Sebab, pola historis inflasi pada periode tersebut di kisaran satu persen.

"Kalau dilihat dari historisnya, untuk bulan Ramadan itu masih lebih rendah dari pola historisnya," kata Perry di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat 17 Mei 2019.

BI Wanti-wanti Kenaikan Inflasi di Periode Ramadhan dan Idul FItri 

Sejumlah komoditas yang akan mendorong inflasi pada bulan tersebut, kata Perry, masih didominasi oleh barang-barang harga bergejolak atau volitile food) maupun yang barang-barang yang harganya diatur pemerintah atau administered price.

Di antaranya, cabai merah, bawang putih, daging ayam, telur maupun tarif tiket angkutan udara. Namun, pada komoditas tersebut juga ada sejumlah barang yang alami deflasi atau penurunan harga, yaitu bawang merah, beras, dan tomat sayur.

Catat, Ini Jadwal Operasional BI saat Lebaran 2024

Terkait tarif angkutan udara itu sendiri, Perry menegaskan, pada Mei 2019, inflasinya hingga minggu ketiga Mei, diperkirakan akan sebesar 1,04 persen dengan sumbangannya ke keseluruhan inflasi sebesar 0,01 persen. Lebih rendah dari inflasi tarif angkutan udara pada April 2019, yang tercatat 2,27 persen.

"Jadi, kalau dilihat inflasi dari tarif angkutan udara itu sudah menurun. Tapi perlu ditegaskan bahwa inflasi angkutan udara itu sumbangannya terhadap IHK (Indeks Harga Konsumen) secara keseluruhan itu kecil," papar dia. (asp)

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim dalam Pembukaan Layanan Kas Keliling Terpadu BI

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Bank Indonesia (BI) memastikan, kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) untuk layanan penukaran uang Lebaran, menggunakan uang baru.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024