Lombok Tak Masuk Calon Ibu Kota Baru, Jokowi: Sudah Ada Mandalika

Presiden Jokowi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika
Sumber :

VIVA – Presiden Joko Widodo belum memutuskan wilayah yang menjadi ibu kota baru Indonesia. Kalimantan digadang menjadi lokasi, namun masih membutuhkan kajian berbagai aspek lingkungan, infrastruktur dan lainnya.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Di sela mengunjungi pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jokowi menyinggung soal progres pemindahan ibu kota.

"Nanti segera diputuskan. Kalau kajian-kajian yang sudah saya sampaikan kemarin, mengenai kajian lingkungan, kajian mengenai infrastruktur, mengenai kegempaan, mengenai banjir, mengenai sumber air baku, paparkan ke saya baru saya putuskan, ya di sini," ujar Jokowi, Jumat, 17 Mei 2019.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Saat ditanya mengapa Lombok tidak diusulkan menjadi ibu kota baru, Jokowi menegaskan Lombok akan dibangun Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, lokasi MotoGP 2021, sekaligus menjadi destinasi yang diharapkan menjadi 'Bali baru'.

"Karena Lombok sudah ada Mandalika," ucap Jokowi yang disambut tawa Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan pihak PT Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC).

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Dengan pembangunan Mandalika dan infrastruktur menuju Mandalika, Jokowi berharap Lombok menjadi Bali baru khususnya pada destinasi wisata.

"Itu bukan hanya untuk MotoGP saja tapi sebagai akses masuk ke Mandalika, sehingga perkembangan Mandalika betul-betul kita harapkan segera bisa menjadi Bali baru," ungkap Jokowi.

Jokowi berharap ITDC yang merupakan PT pengembangan pariwisata Indonesia mampu mempercepat pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang lainnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya