YLKI Kritik Kebijakan 'One Way' 24 Jam Saat Mudik di Tol Trans Jawa - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 20 Mei 2019 | 17:08 WIB

YLKI Kritik Kebijakan 'One Way' 24 Jam Saat Mudik di Tol Trans Jawa

"Jadi, jangan memudahkan yang lain, tetapi mengorbankan yang lain."
Kepadatan lalu lintas di kawasan Tol Bekasi arah Cikampek, Jawa Barat.
Photo :
  • Deni/ Bekasi

Kepadatan lalu lintas di kawasan Tol Bekasi arah Cikampek, Jawa Barat.

VIVA – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI mengkritik rencana pemerintah yang akan memberlakukan sistem satu arah atau 'One Way' di tol Trans Jawa, saat mudik Lebaran 2019. Hal itu, karena sistem satu arah ini berlaku selama 24 jam yang rencananya diterapkan selama empat hari sejak 30 Mei sampai 2 Juni 2019.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan, pihaknya memberikan peringatan keras kepada pemerintah untuk hati-hati menerapkan one way secara maraton tersebut.

"Itu akan membuat daerah penyangga di Bekasi itu akan merah total atau tidak bergerak sama sekali, jadi perlu dipertimbangkan," kata Tulus di sela peninjauan Gerbang Tol Cikampek Utama, Senin 20 Mei 2019.

Ia pun mengusulkan kebijakan tersebut, sebaiknya diterapkan per enam jam terlebih dahulu, ketimbang dilakukan selama 24 jam penuh. Menurutnya, pemudik ke arah Jawa dan Bandung, memang akan dimanjakan dengan kebijakan tersebut. Namun, tidak untuk warga Bekasi dan sekitarnya.

"Itu bakal ada yang terkunci di Bekasi, penumpang atau pemudik di Jakarta, bisa mengalami keterlambatan yang sangat parah. Jadi, jangan memudahkan yang lain, tetapi mengorbankan yang lain," kata dia.

Ia pun berharap, dengan pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama bisa membuat jalan tol Trans Jawa lebih manusiawi saat mudik Lebaran.

"Sehingga, akan mengurai tingkat kemacetan. Harapannya dengan pergeseran Cikarut (Cikarang Utama) ke Cikatama (Cikampek Utama), akan memperbaiki kinerja tol Jakarta-Cikampek dan bukan instrumen untuk menaikkan tarif secara terselubung," jelas dia.

loading...
Muat Lainnya...