IHSG Kinclong Setelah Pengumuman KPU, Ini Penjelasan Dirut BEI

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVA.co.id

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertengger pada level 5.925 pada pembukaan perdagangan Selasa 21 Mei 2019. IHSG naik 18 poin atau 0,3 persen dari level 5.907 pada penutupan perdagangan Senin 20 Mei 2019.

BEI Setujui Bentoel Hengkang dari Pasar Modal Indonesia

Apakah penguatan IHSG itu dipengaruhi oleh pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil perolehan total suara para pasangan calon pada pilpres 17 April 2019, Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi mengaku tidak mau berspekulasi mengenai hal tersebut.

"Kemarin penurunannya itu agak terlalu jauh ya, menurut saya. Jadi orang dengan sendirinya akan buyback kok," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Buka Perdagangan BEI, Ma'ruf Amin: Ekonomi 2024 Masih Menunjukkan Tanda-tanda Optimisme

Kalaupun menghijaunya IHSG memang merupakan bagian dari dampak pengumuman KPU terkait hasil pilpres, Inarno mengatakan, hal itu merupakan aspek domestik yang tidak serta merta mengesampingkan adanya faktor global sebagai salah satu indikatornya.

Mengenai apakah dampak politik ini akan berlangsung untuk jangka waktu pendek atau akan memanjang, Inarno pun berpendapat, hal tersebut bergantung pada dinamika yang terjadi ke depannya.

Holding BUMN Jasa Survei Dukung Bursa Karbon di Indonesia, Ini Perannya

"Tergantung lah, gesekannya seberapa jauh. Kalau enggak ada apa-apa, ya biasa aja," kata Inarno.

Karena itu, Inarno berharap agar ke depannya kondisi stabilitas nasional akan kembali berjalan secara kondusif. Dia pun optimistis bahwa para investor yang sebelum dan saat pilpres masih bersikap wait and see terhadap pasar, maka mereka akan kembali aktif dan bergeliat usai pengumuman KPU dan membaiknya situasi nasional.

"Iya, yakin sekali (investor akan naik). Karena harapan kami di bursa juga semestinya positif ya. Kalau sudah tenang segala macam pasti positif. Saya cukup optimis," kata Inarno.

"Kamu bisa lihat lah pada saat pertama election selesai, itu kan reaksi market bagus, sempat naik luar biasa," ujarnya.

IHSG dibuka pada level 5.925 pada pembukaan perdagangan pagi tadi. Bahkan, hingga akhir perdagangan sesi I siang ini, IHSG masih berada di zona hijau pada level 5.962, menguat 55 poin atau 0,94 persen dari level 5.907 pada penutupan perdagangan Senin 20 Mei 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya