Menteri PUPR : 1.000 Km Jalan Tol Trans Jawa Siap Digunakan Saat Mudik - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 21 Mei 2019 | 14:31 WIB

Menteri PUPR : 1.000 Km Jalan Tol Trans Jawa Siap Digunakan Saat Mudik

Termasuk, satu tol fungsional, yaitu tol Pandaan-Malang.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) di dalam bus saat perjalanan meninjau ruas Tol Trans Jawa di Jawa Tengah.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) di dalam bus saat perjalanan meninjau ruas Tol Trans Jawa di Jawa Tengah.

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono memaparkan kesiapan jalan tol maupun jalan nasional saat mudik Lebaran 2019. Setidaknya, untuk jalan tol Trans Jawa yang menjadi jalur favorit pemudik sudah siap hingga 1.000 kilometer.

Basuki menuturkan, tol Trans Jawa sepanjang 1.000 km yang sudah bisa dimanfaatkan itu. Termasuk, satu tol fungsional, yaitu tol Pandaan-Malang yang baru saja diresmikan.

"Totalnya, ada 1.000 km yang sudah operasional," ujar Basuki ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Sementara itu, ia melanjutkan, untuk jalan nasional di pulau Jawa sudah siap sepanjang 4.693 km dari total 5.073 km. Basuki menguraikan, untuk lintas utara Jawa sepanjang 1.341 km sudah mantap 97 persen dan lintas tengah Jawa sepanjang 1.197 km sudah mantap 93 persen.

Kemudian, untuk jalan nasional lintas selatan Jawa sepanjang 888 km, sudah mantap 98 persen. Sedangkan untuk pantai selatan Jawa sepanjang 1.647 km, sudah mantap 83 persen.

"Jalan nasionalnya, Pantura, Tengah, dan Selatan sudah siap. Kemarin, jembatan Kolonel Sunandar di Kudus, sudah dibuka resmi. Hari ini, jembatan di Temanggung dibuka untuk umum. Jadi lebih siap di Jateng, termasuk arteri Pantura itu sudah lebih baik," kata dia.

Untuk pekerjaan perbaikan jalan seperti jalan berlubang, lanjut dia, akan diselesaikan sebelum H-10 Lebaran. Karena seluruh pekerjaan akan dihentikan pada H-10 tersebut, saat arus mudik dimulai.

"H-10 semua sudah berhenti, semua sudah selesai, sehingga kita siapkan untuk mudiknya," tutur dia.

Saksikan Juga

Pantauan Udara Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak 2019

BERITA - 5 bulan lalu
Topik
loading...
Muat Lainnya...