Ingat Tanggal Ini, Jalan Tol Se-Indonesia Diskon 15 Persen Saat Mudik

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) umumkan diskon tarif tol saat mudik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Asosiasi Jalan Tol Indonesia atau ATI sepakat menerapkan diskon tarif tol sebesar 15 persen pada arus Mudik dan Lebaran 2019. Hal ini berlaku untuk seluruh ruas tol di Indonesia yang bertujuan untuk mengurai kepadatan, saat puncak arus mudik maupun arus balik. 

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Ketua ATI, Desi Arryani mengatakan, pemberlakuan diskon ini dilakukan pada tanggal 27, 28, dan 29 Mei 2019, untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik dilakukan pada tanggal 10, 11, dan 12 Juni 2019.

"Kami, ATI menepati janji. Kesepakatan ATI yang merupakan gabungan seluruh badan usaha jalan tol, sepakat berikan diskon tarif sebesar 15 persen," ujar Desi dalam konferensi pers di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat 24 Mei 2019.

Menko PMK Umumkan Diskon Tarif Tol 20 Persen untuk Pemudik, Berlaku Mulai Besok

Ia menjelaskan, diskon ini dilakukan sebelum puncak arus mudik dan setelah puncak arus balik, guna mengurai kepadatan kendaraan. Puncak mudik sendiri, diperkirakan oleh pihaknya akan terjadi pada 31 Mei-2 Juni 2019.

"Hal itu sengaja kami lakukan untuk beri keamanan lebih kepada pengguna jalan, karena kami harapkan puncak (kepadatan) sedikit bergeser. Diharapkan, tujuan utama mengurangi beban puncak bisa tercapai," jelas Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk itu. 

INFOGRAFIK: Diskon Tarif Tol Lebaran 2024

Dia menambahkan, diskon ini merupakan bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat yang memanfaatkan waktunya untuk berlibur dan bersilaturahmi ke kampung halaman. Khususnya untuk tol Trans Jawa, yang pada tahun ini sudah tersambung. 

Diskon sebesar 15 persen ini ditegaskan Desi, berlaku sama untuk seluruh ruas tol yang ada di Indonesia. "Seluruh ruas tol yang ada di negeri ini, memberikan diskon yang sama," tuturnya. (asp)

Gerbang Tol Merak (Astra Infra Toll Tangerang Merak).

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Potongan harga ini berlaku di tiga ruas tol Astra Infra.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024