Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM di Tol Trans Sumatera Saat Mudik

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – PT Pertamina pastikan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sepanjang Tol Trans Sumatera tersedia untuk pemudik. Hal itu disampaikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat meninjau kesiapan sarana dan fasilitas Pertamina bersama Menteri BUMN Rini Soemarno di tol Trans Sumatera dari Bakauheni hingga Kayu Agung, Sumatera Selatan. 

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

Nicke menegaskan, pihaknya melalui Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar sebanyak tujuh SPBU Modular dan enam Kiosk Pertamina Siaga di ruas tol tersebut.

"Jadi pemudik tidak perlu khawatir kehabisan BBM. Melalui Program Pertamina Siaga, kami akan memaksimalkan pelayanan. Yang terpenting, ketika memulai perjalanan isi penuh tangki BBM kendaraan Anda dan tetap berhati-hati saat di jalan," ujar Nicke dikutip dalam keterangan resmi, Minggu 26 Mei 2019. 

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh

GM Pertamina MOR II Sumbagsel Primarini menjelaskan, di ruas tol operasional Bakauheni – Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, serta Km 115A dan 115B, untuk Km 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. 

"Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar Primarini. 

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Dijelaskannya, terdapat tiga produk utama yang disiapkan oleh Pertamina yaitu Pertamax, Dex dan Bio Solar. Untuk Km 33A disiapkan Pertamax dan Dex dan Km 33B Pertamax dan Dex kemasan. 

Sedangkan untuk Km 87A dan 87B, disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL. Sementara di Km 115A dan 115B Pertamax dan Bio Solar sebesar 3 KL. Selain itu, baik di km 87 dan 115 juga disiapkan Dex kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel. 

Primarini menjelaskan, untuk ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik. Namun, lanjutnya, SPBU Modular juga disiapkan di dua rest area, di Km 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

“Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik,” imbuhnya.

Melengkapi SPBU Modular di Km 215B dan 234A, Kiosk Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM Kemasan kapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di Km 163A, 172B, dan Km 208A.

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani pemudik yakni di Km 285B. "Kami memastikan stok di Kiosk tersebut dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik," ujar Primarini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya