Mudik, Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Naik 40 Persen di Tol Jateng - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 27 Mei 2019 | 23:00 WIB

Mudik, Pertamina Prediksi Konsumsi BBM Naik 40 Persen di Tol Jateng

Masyarakat ingin menikmati Tol Trans Jawa dalam perjalanan mudik.
Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid di Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.
Photo :
  • VIVA/Rifki Arsilan

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid di Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.

VIVA – PT Pertamina memastikan stok bahan bakar minyak dan gas atau LPG untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri 2019 tersedia dengan aman.

Menurut Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid, perusahaannya sudah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG selama Ramadan serta Idul Fitri 2019. Konsumsi LPG diperkirakan naik sekitar 8 persen pada pekan pertama hingga pekan kedua Lebaran. Sementara itu, konsumsi BBM naik hingga 15 persen.

"Persentase kenaikan BBM proyeksi kami naik 15 persen rata-rata nasional. Tapi khusus di tol naiknya bisa sekitar 30-40 persen khusus di Jateng dibandingkan tahun lalu," kata Mas'ud di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.

Kenaikan konsumsi BBM diperkirakan meningkat di jalur tol karena masyarakat ingin menikmati Tol Trans Jawa yang sudah tersambung dari Merak hingga Jawa Timur. Menurut data PT Jasa Marga Tbk, pengguna Tol Trans Jawa akan mencapai 1,3 juta hingga 1.4 juta dalam lima hari jelang Lebaran.

"Karena, pertama, orang masuk tol tahun ini, di samping mudah dan murah, umumnya ingin punya experience baru; pemandangannya bagus. Jadi tak sekedar mudik, cepat sampai tujuan. Saya rasa, bukan itu saja tapi ingin menikmati pemandangan, foto-foto sambil rekreasi, dan lain sebagainya," ujarnya.

"Kita jamin aman, bahkan Pertamina siapkan tiga kapal tanker untuk sapu jagat satu [tanker] di Sumatera dan dua [tanker] lagi di Jawa," katanya.

loading...
Muat Lainnya...