Pertamina Siagakan 200 Motoris Antar BBM di Trans Jawa dan Sumatera - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 27 Mei 2019 | 23:11 WIB

Pertamina Siagakan 200 Motoris Antar BBM di Trans Jawa dan Sumatera

Motoris itu baru bergerak kalau ada kemacetan untuk melayani pengguna.
Ilustrasi arus mudik di Cipali.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Ilustrasi arus mudik di Cipali.

VIVA – PT Pertamina menyediakan 800 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) se-Indonesia untuk melayani seluruh pengguna kendaraan bermotor yang akan mudik Lebaran 2019. Ke-800 SPBU itu di luar tol.

Untuk melayani pemudik yang akan melintas di jalur Tol Trans Jawa dari Merak sampai Probolinggo dan jalur tol lintas Sumatera dari Kualanamu-Belawan lalu Bakaheuni-Palembang, Pertamina menyiapkan 99 SPBU.

"Pertamina antisipasi seiring selesainya jalan tol, Kualanamu-Belawan, Bakauheni sampai Palembang, kemudian Merak sampai Probolinggo, sehingga Pertamina siapkan 99 SPBU baik permanen maupun sementara," kata Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid di kantor Pertamina, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.

Kapasitas 99 SPBU yang disiapkan di jalan Tol Trans Jawa dan lintas Sumatera itu, katanya, kurang lebih 2.000 nozzle. Semua nozzle dapat melayani sekitar 576 ribu mobil selama 24 jam.

"Sementara prediksi pengguna tol H-7 sampai H-1 itu 1,4 juta. Artinya, prediksi pengguna tol 200-400 ribu kendaraan per hari. Sementara kapasitas nozzle kami di atas 500 ribu per hari," ujarnya.

Demi mengantisipasi kendaraan pemudik kehabisan BBM, Pertamina juga menyiapkan 200 motoris yang dinamakan Pertamina Siaga yang siap menjual BBM kemasan jenis Pertamax, Pertamina Dex, dan Fastron di jalur mudik dan arus balik di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Jadi Pertamina Siaga yang motoris itu baru bergerak kalau ada kemacetan untuk melayani pengguna jalan tol yang kehabisan BBM. Masyarakat bisa menghubungi call center kita di nomor 135. Layanan ini dapat digunakan masyarakat pada periode 29 Mei-12 Juni 2019," katanya.

loading...
Muat Lainnya...