Menengok Pelabuhan Alternatif Saat Arus Mudik 

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Desa Margagiri, Bojonegara, Serang, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA – Kementerian Perhubungan telah membolehkan adanya Pelabuhan Alternatif selain Pelabuhan Merak, yang akan melayani kendaraan besar saat arus mudik 2019.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, sebagai Pelabuhan Alternatif, mengaku siap membantu kelancaran mudik, dengan mengangkut kendaraan besar ke Lampung.

"Dalam rangka angkutan Lebaran 2019, sejak H-7 hingga H-1, kami siap membantu kelancaran angkutan truk di BBJ," kata Endin Juhendi, Kepala Cabang BBJ, saat ditemui di kantornya, Rabu 29 Mei 2019.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

BBJ melayani 24 jam pelayaran dari BBJ Bojonegara, menuju BBJ Bakauheni, yang berdampingan dengan Pelabuhan Bakauneni, Lampung.

"Trip yang dicapai dari sini (BBJ Bojonegara) delapan trip, (dari BBJ) Bakauheni delapan trip. Jadi total 16 trip yang kita gunakan," ujarnya menjelaskan.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Bagi supir truk, kendaraan ekspedisi hingga pick up yang tak ingin terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, bisa menggunakan Pelabuhan BBJ sebagai alternatif.

Rute yang diambil, keluar Gerbang Tol Cilegon Timur, kemudian mengikuti rambu petunjuk arah ke Bojonegara. Sekitar 30 menit dari Gerbang Tol Cilegon Timur, supir sudah sampai di Pelabuhan BBJ yang terletak di sebelah kanan jalan.

"Kami pada saat kendaraan ada yang di arahkan ke BBJ, pada saat malam hari kami akan menyampaikan sampai di (BBJ Cabang) Bakauheni, bongkar langsung ke sini lagi (BBJ Cabang Bojonegara). Area parkir di sini bisa muat 300 kendaraan besar," terangnya.

Memasuki H-7 Idul Fitri dan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, yang diprediksi terjadi pada H-5, Pelabuhan BBJ mengalami kenaikan kendaraan yang akan menyeberang.

Empat kapal yang dimiliki BJJ, bisa memuat sampai 300 kendaraan pick up. Fasilitasnya pun memadai, seperti kantin, toilet yang bersih, hingga tempat istirahat supir yang dilengkapi televisi dan bisa digunakan secara gratis. 

Kemudian para supir tidak harus terjebak dalam antrean. Waktu tempuh hingga sandar kapal dari BBJ Bojonegara menuju BBJ Bakauheni sekitar tiga jam.

"Memang ada peningkatan, tapi belum signifikan, karena kan (truk dan kendaraan besar) masih diperbolehkan lewat ASDP (Pelabuhan Merak)." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya