Menteri Jepang Menyelamati Jokowi, Hubungan Ekonomi Diyakini Menguat

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan bahwa Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko, yang tengah berada di Jakarta menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden untuk periode kedua usai penghitungan suara dari KPU.

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Menurut Enggar, hal itu disampaikan Hiroshige di sela-sela pertemuan bilateral mereka di Gedung Utama Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu 29 Mei 2019. Dia pun gantian memberi selamat kepada Seko atas mandat bagi Kaisar baru Jepang, Naruhito.

"Beliau mengucapkan selamat atas telah terselenggaranya pemilu yang berjalan dengan sangat baik, dengan partisipasi yang begitu tinggi, dan yang paling penting adalah terpilihnya kembali Pak Jokowi," kata Enggar.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Namun demikian, Enggar menegaskan bahwa ucapan tersebut tidak diiringi oleh jaminan Hiroshige terhadap peningkatan investasi yang bakal dilakukan Jepang di Indonesia. 

Akan tetapi, ditegaskannya, ucapan selamat tersebut menjadi indikasi bahwa pemerintahan Jepang sangat percaya untuk terus menjalin berbagai kerja sama perdagangan dengan Pemerintahan Joko Widodo. 

ASEAN-BAC: Thailand Jadi Contoh yang Berhasil Memanfaatkan Potensi Investasi Asing di ASEAN

"Enggak, enggak sedetil itu, tapi dengan respons itu menunjukkan indikasi yang sangat positif mengenai kerja sama ekonomi perdagangan ekspor, impor, investasi, Ada trust yang kelihatan sekali dan mereka menyambut dengan sangat baik," tutur Enggar.

Sebagaimana diketahui, Jepang adalah negara nomor dua dengan jumlah penanaman modal asing atau PMA terbesar di Indonesia. Berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal, investasi PMA Jepang di Indonesia sepanjang 2018 senilai US$4,9 miliar atau 16,7 persen dari total PMA periode itu. (ren)

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024