BEI Rampungkan Data Penelusuran Laporan Keuangan Garuda

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna Setia.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – PT Bursa Efek Indonesia terus melakukan penelusuran terhadap laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk, yang sempat menjadi polemik beberapa waktu lalu.

BEI Setujui Bentoel Hengkang dari Pasar Modal Indonesia

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, mengatakan, sejak pertemuan pihaknya dengan manajemen Garuda pada Ramadan lalu, BEI telah merampungkan proses pengumpulan data terkait laporan keuangan maskapai pelat merah tersebut.

"Kami dari bursa sudah selesai melakukan proses pengumpulan data, dan saat ini tentu kami juga berkoordinasi dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan sedang menunggu untuk itu," kata Nyoman di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin 17 Juni 2019.

Buka Perdagangan BEI, Ma'ruf Amin: Ekonomi 2024 Masih Menunjukkan Tanda-tanda Optimisme

Mengenai apakah ada kecenderungan pihak Garuda akan melakukan restatement, Nyoman menjelaskan bahwa pihak BEI akan melihat aspek initial recognition dari Garuda tersebut.

"Di mana seharusnya hal itu tidak lepas dari periode 15 tahun," tutur Nyoman.

Holding BUMN Jasa Survei Dukung Bursa Karbon di Indonesia, Ini Perannya

Kemudian, lanjut Nyoman, BEI juga akan melihat kualitas aset atau piutang Garuda. Di mana semestinya terdapat cash secara Oktober 2018, namun sampai sekarang menurut Nyoman justru tidak ada.

"Sehingga laporan keuangan Maret tentunya juga akan kita pertanyakan tentang kualitas piutangnya. Jadi kami sedang koordinasi intens dengan OJK," kata Nyoman.

"Yang pasti proses tetap berjalan. Sementara finalnya kami masih menunggu OJK," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya