Logo WARTAEKONOMI

Kisah Pemulung yang Jadi Miliarder Usai Tanam Umbi Porang

Kisah Pemulung Tanah Air yang Jadi Miliarder Usai Tanam Umbi Porang. (FOTO: Kompas)
Kisah Pemulung Tanah Air yang Jadi Miliarder Usai Tanam Umbi Porang. (FOTO: Kompas)
Sumber :
  • wartaekonomi

Nama Paidi mungkin belum familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, kisahnya bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang.

Sosok Paidi mulanya hanya pemulung yang tinggal di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tak dilirik orang lain, dan hanya tinggal beralaskan tanah.

Nasib memang tak ada yang tahu. Tiga tahun terakhir hidupnya berubah. Memiliki penghasilan yang layak, serta dipandang oleh orang banyak.

Nasibnya itu berubah menjadi baik ketika ia mulai menanam dan membudidayakan umbi porang. Ide usaha umbi porang ini ia dapat dari teman satu panti asuhannya di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, di tahun 2009 silam.

Mencoba menelusuri porang lebih dalam, Paidi dengan bermodalkan Google terus belajar bagaimana caranya membudidayakannya. Ternyata, Paidi tertarik untuk mencoba menanam porang menjadi bahan makanan dan kosmetik yang banyak dibutuhkan perusahaan besar di dunia.

Namun, tak semulus itu. Paidi harus memutar otaknya kembali untuk membuat porang tumbuh tanpa naungan pohon lain. Sebab, jika di bawah naungan pohon lain, panen porang membutuhkan waktu yang lama hingga tiga tahun.

Saat hendak mengembangkan porang di kampung halamannya, Paidi mengalami kendala lantaran kondisi lahan pertaniannya berbukit-bukit. Padahal, rata-rata petani porang di wilayah lain mengembangkan tanaman itu di bawah naungan pohon keras seperti pohon jati.