Logo WARTAEKONOMI

Ada Nama Hary Tanoe, Orang Tajir Ini Ternyata Cuma Punya Ijazah Paket C

Ada Nama Hary Tanoe, Orang Tajir Ini Ternyata Cuma Punya Ijazah Paket C. (FOTO: Humas Kemenkop-UKM)
Ada Nama Hary Tanoe, Orang Tajir Ini Ternyata Cuma Punya Ijazah Paket C. (FOTO: Humas Kemenkop-UKM)
Sumber :
  • wartaekonomi

Kata siapa menjadi orang yang berharta haruslah memiliki background pendidikan yang tinggi? Ada sederet orang sukses dan kaya raya di Indonesia yang ternyata hanya memiliki ijazah paket C lho.

Artinya, mereka enggak memiliki ijazah SMA dan hanya mengikuti ujian Paket C saja. Secara definisi, ada istilah jalur pendidikan yang namanya “Kelompok Belajar” alias Kejar. Kejar adalah jalur pendidikan ini merupakan jalur non-formal yang difasilitasi pemerintah untuk siswa yang belajarnya enggak melalui sekolah.

Kejar itu sendiri ada tiga jenis, pertama adalah Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Setiap peserta Kejar bakal berpartisipasi dalam Ujian Kesetaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nah, siapa saja ya mereka? Simak ulasan berikut:

1. Oesman Sapta Odang

Ketua DPD RI satu ini juga merupakan seorang konglomerat pendiri OSO Group yang bisnisnya menggurita. Di tahun 2018, Oso masuk ke Globe Asia sebagai orang terkaya di Indonesia urutan ke-104. Kekayaan yang dimiliki OSO dikabarkan mencapai US$355 juta atau setara Rp5 triliun.