Destry Damayanti, dari Ekonom Kini Deputi Gubernur Senior BI - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 12 Juli 2019 | 09:36 WIB

Destry Damayanti, dari Ekonom Kini Deputi Gubernur Senior BI

DPR memutuskan Destry gantikan Mirza Adityaswara.
ADK Lembaga Penjamin Simpanan Destry Damayanti.
Photo :
  • VIVA/Dyah Pitaloka

ADK Lembaga Penjamin Simpanan Destry Damayanti.

VIVA – Komisi XI DPR RI, Kamis 11 Juli 2019, memutuskan Destry Damayanti sebagai deputi gubernur senior Bank Indonesia, menggantikan Mirza Adityaswara yang habis masa jabatannya pada 25 Juli 2019. Destry dikukuhkan secara aklamasi.

Dikutip VIVA, Jumat 12 Juli 2019, dari berbagai sumber, Destry diketahui saat ini merupakan anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jabatan itu dia emban sejak September 2015. 

Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia itu mendapatkan gelar Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat. Setelah itu, dia pun memulai kariernya menjadi bagian dari Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM), Kementerian Keuangan pada 1992.

Sekitar 1997, dia pun memutuskan untuk ke sektor swasta dengan masuk di Citibank Indonesia. Di situ lah karier dia sebagai ekonom dimulai. Tak lama, pada 2000, dia kembali meloncat ke institusi lain yaitu menjadi senior economic advisor untuk duta besar Inggris untuk Indonesia.  

Meski sudah asyik bekerja, dia pun tak melupakan almamaternya di Universitas Indonesia. Pada 2005, dia memutuskan juga menjadi peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas hingga 2006.

Pada saat yang sama, dia pun menjabat sebagai kepala ekonom PT Mandiri Sekuritas. Hingga kemudian pada 2011, dia promosi jabatan menjadi kepala ekonom untuk masa jabatan 2011-2015 di PT Bank Mandiri Tbk.

Ketua Pansel KPK Destri Damayanti di Malang

Tingkat keilmuannya di bidang ekonomi keuangan yang mumpuni pun membuatnya sempat dipercaya menjadi bagian dari satuan tugas khusus pemerintah. Antara lain, ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN dan ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

Saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Destry menyampaikan lima fokus utamanya bila terpilih menjadi deputi gubernur senior BI, yakni mengoptimalkan bauran kebijakan yang bersifat akomodatif demi menjaga kestabilan sistem keuangan di dalam negeri.

Kemudian, melakukan pendalaman sektor pasar keuangan, lalu mengoptimalkan ekonomi digital untuk sistem pembayaran yang lancar, aman, efisien, dan inklusif. 

Di samping itu, Destry akan melakukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta berkomitmen untuk meningkatkan sinergi dengan membuka komunikasi yang terbuka terhadap pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan DPR.

Saksikan Juga

Trotoar Jakarta Yang Bukan Lagi Untuk Pedestrian

BERITA - 8 jam lalu
loading...
Muat Lainnya...