Suplai Avtur Pertamina Sumbar Fase I Penerbangan Haji 2019 Berkurang

Avtur Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA – Pertamina Marketing Operation Region I menyiapkan pasokan avtur sebanyak 6,8 juta untuk penerbangan haji dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. Tambahan pasokan bahan bakar itu untuk mengakomodasi maskapai yang melayani penerbangan ke Tanah Suci.

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh

Pertamina menyiapkan pelayanan avtur di Bandara Minangkabau dalam dua fase. Pertama, keberangkatan pada 6 Juli hingga 4 Agustus, dengan 5,8 juta liter avtur. Kedua, kepulangan, yang diperkirakan pada 17 Agustus hingga 2 September, dengan lebih satu juta liter avtur.

Roby Hervindo, Unit Manager Communication dan CSR Marketing Operation Region I menjelaskan, pasokan avtur yang disiapkan di fase satu menurun 27 persen, jika dibandingkan tahun lalu. Itu, karena tahun ini jumlah kelompok terbang haji berkurang, hanya 87 kloter. Sedangkan pada 2019, terdapat 124 kloter haji dari Bandara Minangkabau.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

"Keberangkatan haji dari Sumatera Barat, terbagi menjadi empat embarkasi dengan total 87 kloter. Terdiri dari embarkasi Padang, sebanyak 18 kloter, embarkasi Solo 57 kloter, embarkasi Balikpapan 11 kloter, dan Haji Khusus satu kloter. Sedangkan untuk fase kepulangan, terdapat 18 kloter," katanya di Padang, Jumat 12 Juli 2019.

Menurutnya, stok avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara Minangkabau, dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim Haji 2019. Bahkan, stok avtur itu mampu memenuhi kebutuhan hingga 16 hari ke depan. Depo Minangkabau juga dilengkapi delapan unit refueller dengan kapasitas masing-masing 206 ribu liter.

Penuhi Kebutuhan di Masa Mudik Lebaran, Pertamina Jamin Stok BBM-LPG di Ciayumajakuning Aman

Penyaluran avtur pada bulan Juli hingga September, diprediksi meningkat berturut-turut 73 persen, 58 persen, dan lima persen dibandingkan kondisi normal. Kenaikan dipersiapkan untuk mengantisipasi bertambahnya penerbangan dari Bandara Minangkabau tujuan Tanah Suci.

Selama 6 Juli sampai 9 Juli 2019, terdapat delapan pesawat Garuda Indonesia yang melakukan pengisian avtur untuk keberangkatan ke Madinah, Arab Saudi. Total pengisian avtur sebanyak hampir 500 ribu liter. (asp)

Pertamina dan Bakrie Group bersepakat untuk mengembangkan Infrastruktur Shared Hub di IKN yang merupakan bagian dari Nusantara Knowledge Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

The Bakrie Group and Pertamina have agreed to develop a Shared Hub Infrastructure in the new capital, IKN Nusantara by signed a Memorandum of Understanding (MoU).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024