Tanggul Laut Berupa Tol Bakal Dibangun dari Bekasi hingga Banten
Jumat, 12 Juli 2019 | 19:51 WIB

Tanggul Laut Berupa Tol Bakal Dibangun dari Bekasi hingga Banten

Pendanaan akan diberikan oleh Belanda dan Korea Selatan.
Proyek Giant Sea Wall Jakarta.
Photo :
  • ncicd.com

Proyek Giant Sea Wall Jakarta.

VIVA – Pemerintah melanjutkan kajian pembangunan tanggul laut di pantai utara Jakarta. Kajiannya akan tetap dikembangkan hingga fase tujuh dan direncanakan ada pembangunan tanggul berupa jalan tol di atas laut dari Bekasi hingga Banten. 

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hari Suprayogi. Dikatakannya, nota kesepahaman untuk melanjutkan kajian itu sudah ditandatangani oleh tiga pihak. Di antaranya, Kementerian PUPR, Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda (MIW) dan Korea International Cooperation Agency (KOICA). 

"Kita merencanakan sampai fase tujuh. Maka perlu diperpanjang MoU. Sudah ditandatangani tiga pihak, itu akan kita laksanakan sampai fase tujuh," kata Hari di kantornya, Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Untuk pengerjaan fase satu, lanjut dia, saat ini sudah dilakukan pengerjaan tanggul pantai yang disebut Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Tanggul laut untuk mencegah banjir rob itu akan dikerjakan sampai fase tiga.