Logo BBC

Boeing Ubah Nama 737 Max untuk Pesawat Pesanan Maskapai Eropa

Rangkaian foto sebelum dan sesudah menunjukkan penggantian nama "737 Max" menjadi "737-8200" - Woodys Aeroimages
Rangkaian foto sebelum dan sesudah menunjukkan penggantian nama "737 Max" menjadi "737-8200" - Woodys Aeroimages
Sumber :
  • bbc

Pesawat Boeing 737 Max diubah namanya saat sedang dipersiapkan untuk diantarkan ke maskapai Ryanair. Foto-foto yang dibagikan di Twitter menunjukkan sebuah pesawat 737 Max dengan warna khas Ryanair diparkir di luar pabrik Boeing.

Akan tetapi, tulisan 737 Max yang semula tertera pada bagian hidung pesawat telah berubah menjadi 737-8200.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa Boeing mengganti nama Max setelah dua insiden fatal di Ethiopia dan Indonesia yang menewaskan 346 orang. Bahkan, sejak Maret lalu, tidak ada 737 Max yang mengangkasa di seluruh dunia.

Ryanair telah memesan 135 model tersebut kepada Boeing, lima di antaranya akan diantarkan pada musim gugur mendatang. Baik Boeing maupun Ryanair belum berkomentar.

Rangkaian foto pesawat Ryanair diunggah ke Twitter oleh akun Woodys Aeroimages, yang melacak produksi Boeing. Foto-foto itu menampilkan pesawat versi Max 8 dengan warna khas maskapai Eropa itu pada tubuhnya di pabrik Boeing di Renton, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Cuitan itu mengklaim foto-foto tersebut menunjukkan bahwa nama 737 Max telah diubah. Boeing sendiri tidak menepis kemungkinan bahwa 737 Max akan diganti namanya pada masa mendatang.

Dalam pameran dirgantara di Paris, bulan lalu, International Airlines Group selaku pemilik maskapai British Airways, mengumumkan rencana pembelian 200 pesawat Boeing Max dengan harga diskon. Pesawat-pesawat itu dirujuk dengan sebutan "pesawat B737".