Logo WARTAEKONOMI

Mengenal Bos Nikel yang Sabet Gelar Orang Terkaya di Rusia

Vladimir Potanin, Bos Nikel yang Sabet Gelar Orang Terkaya di Rusia. (FOTO: Youtube)
Vladimir Potanin, Bos Nikel yang Sabet Gelar Orang Terkaya di Rusia. (FOTO: Youtube)
Sumber :
  • wartaekonomi

Nikel menjadi sumber mata pencaharian yang mumpuni. Buktinya, salah satu orang terkaya di Rusia berasal dari bisnis nikel yang ia miliki. Kekayaannya mencapai US$22 miliar atau setara dengan Rp308 triliun. Ia merupakan Vladimir Potanin.

Potanin menjabat sebagai presiden Norilsk Nickel, produsen nikel olahan terbesar di dunia. Ia tercatat mempunyai 34,6% kepemilikan di perusahaan tersebut.

Dengan kepemilikannya tersebut, Potanin berhasil meraup pendapatan US$11,7 miliar atau sekitar Rp163 triliun pada tahun 2018. Selain itu, masih di tahun yang sama, ia juga mendapatkan keuntungan lebih dari US$4 miliar atau setara Rp56 triliun dari perusahaan tersebut.

Tidak mengherankan apabila Potanin berhasil dapuk predikat sebagai orang terkaya di Rusia. Perusahaan yang dipimpinnya itu memiliki kuasa hampir 22% produksi nikel tingkat tinggi dunia dan sekitar 40% komoditas paladiumnya.

Pria yang memiliki kedekatan dengan Presiden Vladimir Putin ini memperoleh kekayaannya di industri nikel setelah mempelopori program "pinjaman untuk saham" yang cukup kontroversial di Rusia. Program tersebut ialah pengusaha dan bank kaya meminjamkan uang kepada pemerintah Rusia dengan imbalan kepemilikan saham di perusahaan sumber daya alam negara itu.

Pemerintah seringkali tidak dapat membayar kembali pinjaman-pinjaman ini, hingga akhirnya perusahaan sumber daya alam berada di tangan orang-orang kaya karena utang yang tak terbayarkan oleh pemerintah Rusia. Melalui program inilah Potanin mengakuisisi Norilsk Nickel, yang kemudian menjadikannya orang terkaya di Rusia.

Memiliki harta berlimpah tak membuat Potanin kikir. Ia justru dikenal sebagai salah satu dermawan, pada 2013, Potanin bergabung dengan The Giving Pledge, sebuah organisasi amal global yang dimulai pada 2010 oleh Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett.